Tak Izinkan Gelar Griya, Salat Id Tetap Diadakan di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Tak Izinkan Gelar Griya, Salat Id Tetap Diadakan di Kepulauan Seribu

Seperti banyak dilakukan pejabat pemerintah pusat dan daerah lain, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad, secara resmi juga meniadakan kegiatan halalbihalal atau gelar griya bagi pegawai maupun warga sekitar kantor kabupaten.

Menurut Husein, kegiatan gelar griya atau open house yang rutin digelar di rumah dinas dan kantor untuk tahun ini ditiadakan. Hal ini mengingat karena masih berlakunya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi DKI Jakarta.

Tak Izinkan Gelar Griya, Salat Id Tetap Diadakan di Kepulauan Seribu

"Kegiatan halal bihalal atau open house yang biasanya digelar bulan Syawal dinyatakan tidak diselenggarakan," ujarnya seperti dilansir dari beritajakarta.id (25/5/2020).

Husein juga mengajak pegawai dan warga untuk terus meningkatkan dan mempertahankan disiplin untuk tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan tetap berada di rumah selama wabah ini masih merebak. "Dengan tetap mengikuti aturan PSBB, mudah-mudahan wabah COVID-19 bisa kita cegah," tandasnya.

Salat Id di Pulau Tidung

Meskipun gelar griya ditiadakan, salat Idulfitri berjamaah tetap berlangsung pada Minggu, 24 Mei 2020. Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan bersama Gugus Tugas Pulau Aman dan Tim Kesehatan memberlakukan protokol kesehatan bagi warga yang salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Agung Nurul Huda.

Lurah Pulau Tidung Hafsah mengatakan, jamaah yang hendak salat berjamaah di masjid tersebut diperiksa suhu tubuh, wajib membawa sajadah, mengggunakan masker dan wudu di rumah masing-masing agar penerapan jaga jarak fisik tetap terjaga.

[Baca Juga: Ikuti Pelaksanaan PSBB, Pemkab Kepulauan Seribu Salurkan Batuan]

"Protokol kesehatan tetap diberlakukan agar penyebaran virus corona dapat dicegah. Semua yang datang diperiksa petugas kesehatan di jalan menuju masjid," ujarnya masih dari sumber yang sama.

Menurutnya, anak-anak dan orang yang sakit dilarang ikut berjamaah dan dianjurkan salat di rumah. "Salat diberlakukan berjarak dan tidak bersalaman usai shalat," Hafsah menambahkan.

Terkait pantauan pada malam harinya, jelas Hafsah, pihaknya tidak mendapati warga yang melakukan takbir keliling seperti tahun lalu. "Kita juga imbau warga tidak melakukan ziarah makam, kita sarankan untuk sementara waktu cukup mendoakan dari rumah saja untuk menghindari kerumunan," pungkas Hafsah.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    Di saat masa2 pandemi virus corona ini tetap tenang & kuasai keadaan dgn cara #dirumahaja dan mainkan game online utk melawan rasa jenuh anda dan melawan virus corona yg menyerang hanya di QQHARIAN (bisa lsg cari atau search di google ya guys)

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian