Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini

Berita Kawasan

Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini

Belakangan ini marak isu tentang penyaluran bantuan sosial atau bansos yang tidak tepat sasaran. Hal tersebut tentunya sangat merugikan masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan bantuan di tengah pandemi COVID-19. Di sisi lain, pemerintah sebagai penyalur pun sering dianggap tidak becus dalam menangani permasalahan bansos ini.

Untuk itu, agar penyaluran bansos bisa merata dan transparan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membuat sebuah portal online yang dapat dimanfaatkan masyarakat Bandung untuk mengecek status bantuan sosial. Website yang diberi nama JPSNANGKIS tersebut bisa diakses masyarkaat di jps.bandung.go.id.

[Baca Juga: Ini 8 Zonasi PPDB di Kabupaten Bandung. Catat Tanggal Pendaftarannya!]

JPSNANGKIS sendiri adalah Portal Jaringan Pengaman Sosial dan Penganggulangan Kemiskinan di Kota Bandung sebagai komitmen Pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan bantuan terdistribusi dengan akurat dan transparan. Nantinya, lewat portal tersebut, masyarakat Kota Bandung hanya tinggal memasukkan Nomor Indentitas Kependudukan (NIK).

Selanjutnya, jika termasuk dalam warga yang berhak memperoleh bantuan dan terdata, maka akan langsung muncul nama, alamat, jenis bantuan yang diterima, serta status penyalurannya di website tersebut.

Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini

"Masukan NIK, jika terdata maka kita bisa mengetahui bantuan yang bakal diterima. Apakah itu bantuan perluasan, Pemerintah pusat, provinsi atau dari APBD Kota Bandung. Selain itu juga kita bisa mengetahui status penyalurannya. Di sana akan diketahui tanggal penyaluran dan nomor resinya," jelas Tono.

Dengan kemudahan yang didapat lewat situs tersebut kata Tono, warga tidak perlu lagi mendatangi kelurahan, kecamatan, atau bahkan kantor Dinsosangkis untuk mengecek status bantuan sosial. Ke depannya, Dinsosnangkis Kota Bandung akan terus menyempurnakan situs tersebut agar warga semakin mudah memperoleh layanan.

"Tujuannya untuk mempermudah warga mengetahui status bantuan. Tidak perlu mengunduh di Playstore. Tinggal kunjungi situsnya saja," tandasnya.

[Baca Juga: Agar Tepat Sasaran, Penyaluran Bansos Semarang Pakai Aplikasi Android]

Adapun bagi masyarakat uang ingin bertanya terkait bansos yang diberikan pemerintah atau memiliki kendala saat mengakses situs tersebut, bisa langsung menghubungi kontak yang ada di situs tersebut. Masyarakat dapat menghubungi melalui saluran telepon dengan nomor 112 atau 119, selain itu dapat juga menghubungi melalui email bandungcommandcenter@gmail.com.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.