Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini

Berita Kawasan

Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini

Belakangan ini marak isu tentang penyaluran bantuan sosial atau bansos yang tidak tepat sasaran. Hal tersebut tentunya sangat merugikan masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan bantuan di tengah pandemi COVID-19. Di sisi lain, pemerintah sebagai penyalur pun sering dianggap tidak becus dalam menangani permasalahan bansos ini.

Untuk itu, agar penyaluran bansos bisa merata dan transparan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membuat sebuah portal online yang dapat dimanfaatkan masyarakat Bandung untuk mengecek status bantuan sosial. Website yang diberi nama JPSNANGKIS tersebut bisa diakses masyarkaat di jps.bandung.go.id.

[Baca Juga: Ini 8 Zonasi PPDB di Kabupaten Bandung. Catat Tanggal Pendaftarannya!]

JPSNANGKIS sendiri adalah Portal Jaringan Pengaman Sosial dan Penganggulangan Kemiskinan di Kota Bandung sebagai komitmen Pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan bantuan terdistribusi dengan akurat dan transparan. Nantinya, lewat portal tersebut, masyarakat Kota Bandung hanya tinggal memasukkan Nomor Indentitas Kependudukan (NIK).

Selanjutnya, jika termasuk dalam warga yang berhak memperoleh bantuan dan terdata, maka akan langsung muncul nama, alamat, jenis bantuan yang diterima, serta status penyalurannya di website tersebut.

Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini

"Masukan NIK, jika terdata maka kita bisa mengetahui bantuan yang bakal diterima. Apakah itu bantuan perluasan, Pemerintah pusat, provinsi atau dari APBD Kota Bandung. Selain itu juga kita bisa mengetahui status penyalurannya. Di sana akan diketahui tanggal penyaluran dan nomor resinya," jelas Tono.

Dengan kemudahan yang didapat lewat situs tersebut kata Tono, warga tidak perlu lagi mendatangi kelurahan, kecamatan, atau bahkan kantor Dinsosangkis untuk mengecek status bantuan sosial. Ke depannya, Dinsosnangkis Kota Bandung akan terus menyempurnakan situs tersebut agar warga semakin mudah memperoleh layanan.

"Tujuannya untuk mempermudah warga mengetahui status bantuan. Tidak perlu mengunduh di Playstore. Tinggal kunjungi situsnya saja," tandasnya.

[Baca Juga: Agar Tepat Sasaran, Penyaluran Bansos Semarang Pakai Aplikasi Android]

Adapun bagi masyarakat uang ingin bertanya terkait bansos yang diberikan pemerintah atau memiliki kendala saat mengakses situs tersebut, bisa langsung menghubungi kontak yang ada di situs tersebut. Masyarakat dapat menghubungi melalui saluran telepon dengan nomor 112 atau 119, selain itu dapat juga menghubungi melalui email bandungcommandcenter@gmail.com.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.