Tak Tergenang di Tahun Ini, Anies Pandang Penanganan Banjir di Cipinang Melayu Optim al.jpg

Berita Kawasan

Tak Tergenang di Tahun Ini, Anies Pandang Penanganan Banjir di Cipinang Melayu Optimal

Setiap musim hujan, para warga yang tinggal di area RW 04 dan 03 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur biasanya langsung bersiap menghadapi banjir. Pasalnya, wilayah ini merupakan salah satu kawasan pemukiman di Ibu Kota yang menjadi langganan banjir di kala musim hujan. Namun ada yang berbeda di tahun 2021 ini, karena walau intensitas hujan yang terbilang tinggi selama beberapa waktu terakhir, area ini tak mengalami banjir. Bahkan demi memastikan memang bebas banjir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat mengunjungi Kelurahan Cipinang Melayu untuk langsung meninjau kondisi lapangan.

Saat berada di Kelurahan Cipinang Melayu, Anies memandang bahwa penanganan banjir di sini sudah optimal. Karena kondisi RW 04 dan 03 yang memang berada di bantaran Kali Sunter ini sudah tak lagi mengalami banjir. Bahkan sebagai perbandingan, orang nomor satu di DKI Jakarta itu mengungkapkan, warga di sini pada tahun lalu sempat menjadi saksi banjir yang tingginya hingga tiga meter.

Tak Tergenang di Tahun Ini, Anies Pandang Penanganan Banjir di Cipinang Melayu Optimal.jpg

“Alhamdulillah saat ini kita berada di RW04 Kelurahan Cipinang Melayu, tempat kita berdiri saat ini biasanya kalau musim hujan akan terjadi banjir yang amat tinggi, bahkan di tiang listrik ini diberikan penanda muka air sampai 2,5 meter, tahun lalu 3 meter,” ungkap Anies Baswedan saat mengunjungi area bantaran Kali Sunter, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman ppid.jakarta.go.id (9/2/2021).

[Baca Juga: Sulitnya Terapkan Protokol Kesehatan di Pengungsian Banjir]

Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, keberhasilan penanganan banjir di sini tak terlepas dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk fokus terhadap hulu Kali Sunter yang dipandang menjadi faktor utama terjadinya luapan banjir ke pemukiman warga. Di mana Pemprov DKI mengerahkan 15 eskavator untuk melakukan pengerukan di Wadunk Rangon dan Waduk Tiu serta membuat sodetan khusus demi menekan volume debit air yang mengalir pun jadi lebih terkendali.

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar yang juga menemani Anies Baswedan dalam peninjauan itu, mengungkapkan ini merupakan kali pertama area RW 04 tak tergenang banjir. “Setelah 25 tahun, baru tahun ini warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu tidak mengalami kebanjiran saat musim hujan,” tambah Anwar.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.