TAMAN BUAH CIKARET DESTINASI WISATA DI BOGOR JAWA BARAT

Berita Kawasan

Taman Buah Cikaret, Destinasi Wisata di Bogor Jawa Barat

Bagi penikmat wisata dari Jakarta, Bogor Jawa Barat adalah wilayah terdekat untuk melakukan penjalanan wisata. Banyak lokasi menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu yang paling dikenal banyak orang adalah kawasan wisata puncak Bogor. Namun, selain puncak, sebenarnya ada kawasan wisata baru yang mulai banyak didatangi wisatawan. Namanya adalah Taman Buah Cikaret.

Sejak awal tahun 2018, Taman Buah Cikaret ini menjadi perhatian warga Bogor. Hamparan taman yang hijau membuat pengunjung yang datang terpesona dan menyegarkan pandangan mata. Kawasan wisata yang berada di Gunung Salak Halimun bisa menjadi destinasi wisata di Bogor Jawa Barat karena kontur tanahnya yang berbukit-bukit seperti bukit bintang dalam serial kartun Teletubbies.

[Baca Juga : Dari Benteng VOC hingga Jadi Eduwisata, Ini Kisah Pulau Onrust]

Tempat wisata yang dibangun dan dikelola oleh PT ANTAM Tbk ini memang diharapkan bisa menjadi sarana wisata populer di Bogor Jawa Barat. Bahkan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan ini membangun banyak fasilitas dan spot wisata yang menarik. Para pengunjung bisa leluasa bersama keluarga untuk berfoto-foto dengan background perbukitan.

Di Taman Buah Cikaret ini, pengunjung bisa menikmati Agro Geoedutourism, yaitu sebuah wisata unik berupa tambang bawah tanah. Agro Geoedutourism adalah langkah untuk pengembalian kawasan tersebut saat aktivitas penambangan berakhir. Sehingga manfaatnya tetap akan dirasakan oleh masyarakat. Bukan hanya membuat Bogor punya wisata andalan baru, tapi warga juga akan memperoleh banyak penghasilan.

Selain Agro Geoedutourism, Taman Buah Cikaret ini juga dilengkapi dengan fasilitas wisata dan wahana lengkap lainnya seperti kolam renang, taman buah, resto atau kafe, glamping, camping ground, dan lainnya. Di area taman buah, pengunjung bisa melihat berbagai buah-buahan segar seperti apel, belimbing hingga buah stroberi. Bagi yang suka dengan foto-foto, ada spot yang cocok berupa jembatan merah.

Kawasan Wisata Taman Buah Cikaret dikelola oleh PT Antam (Persero) Tbk. Perusahaan yang bergerak di bidang tambang tersebut telah membangun berbagai fasilitas dan ikon menarik. Pembangunan tempat wisata ini telah dilakukan sejak tahun 2017 dan menjadi proyek menuju pasca tambang di tahun 2021. Sebelumnya, memang telah ada kawasan bekas tambang yang diubah menjadi tempat wisata dadakan, seperti Tebing Breksi di Yogyakarta.

Taman Buah Cikeret berada di di Jalan Raya Aneka Tambang Nomor 05, Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Untuk menuju lokasi Kawasan Wisata Taman Buah Cikaret, apabila berangkat dari Kota Bogor akan menempuh waktu sekitar dua jam karena jaraknya mencapai 46 kilometer dari Kota Bogor. Jalur yang bisa dilewati adalah melalui Jalan Raya Cibadak-Ciampea, kemudian masuk ke Jalan Raya Leuwiliang hingga sesampai di pertigaan Tugu Kunjung Antam, dan dapat mengambil arah lurus hingga bertemu kembali dengan pertigaan dekat supermarket.

Setelah sampai di lokasi dekat supermarket itu, silakan ambil ke arah kiri hingga ada pertigaan dan belok ke arah kanan. Sampai di situ, lurus saja ikuti jalan aspal maka akan sampai di lokasi wisata Cikaret. Lokasi wisata tersebut tepat berada di Jalan Raya Aneka Tambang No.5, Bantar Karet, Nanggung, Bogor. Untuk tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan tiket parkir saja.

[Baca Juga : Wisata Belanja Seru di Pasar Pagi Mangga Dua]

Wisata Taman Buah Cikaret terletak di dalam pedesaan warga. Sehingga tidak mengherankan banyak terdapat pertigaan membingungkan. Solusi yang bisa dilakukan adalah tidak malu untuk bertanya atau mempelajari rute wisata bila perlu gunakan teknologi GPS. Berhubung wisata Taman Buah Cikaret di Bogor Jawa Barat ini memiliki konsep wisata instagrammable, maka jangan lupa membawa kamera profesional.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  10 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  9 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.