ANCOL_~1.JPG

Berita Kawasan

Taman Impian Jaya Ancol Gelar Festival Sambut Asian Games 2018

Indonesia harus menunggu puluhan tahun lamanya untuk kembali menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar di Asia yakni Asian Games. Momen ini juga tidak dilewatkan oleh pihak Taman Impian Jaya Ancol untuk menggelar festival khusus. Festival yang dinamakan “Ancol Asian Festival” itu digelar dari Juni hingga Agustus 2018.

Sebagaimana dilansir dari jakarta-tourism.go.id, festival yang diadakan selama 77 hari ini dibagi menjadi sejumlah acara yang terdiri dari:

  1. Ancol Kampung Betawi Festival
  2. Ancol Lebaran Nusantara Festival
  3. Ancol Street Sculpture
  4. Ancol Aquathlon 2018
  5. Ancol Nusantara Culinary Festival
  6. Jakarta Asian Festival
  7. Ancol Asian Food Festival
  8. Asian Coffee & Tea Festival 2018
  9. Ancol Lantern Festival.

Di antara semua rangkaian acara tersebut, terdapat tiga event yang paling ramai serta banyak mendapatkan sorotan dari publik di Ancol Asian Festival. Acara itu yakni Ancol Aquathlon 2018, Asian Coffee & Tea Festival 2018 dan Ancol Lantern Festival yang menjadi acara puncak dari festival di Taman Impian Jaya Ancol.

Ancol Aquathlon 2018 digelar pada awal Agustus 2018 oleh pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol. Festival olahraga ini memberikan kesempatan kepada warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk mengikuti kompetisi seperti berenang sampai lomba lari di venue yang sudah didesain sedemikian rupa oleh panita Ancol Asian Festival.

“Ancol Aquathlon merupakan rangkaian kegiatan Ancol Asian Festival didedikasikan kepada masyarakat yang gemar olahraga lari dan berenang,” jelas Wakil Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali, sebagaimana dikutip dari wartakota.tribunnews.com.

Venue untuk lari memiliki rute yang membentang sejauh lima kilometer. Para pelari kala itu berkumpul di Pantai Lagoon sebagai garis start-nya lalu mereka pun berlari di rute yang mengarah ke Bundaran Timur, Danau Ancol, Atlantis Water Adventure, Putri Duyung Ancol, Pantai Indah, Venue Jetski Asian Games, Jalur Jembatan Pantai Ancol dan terakhir di Beach Pool.

Selain itu yang juga ramai dikunjungi dalam rangkaian festival di Taman Impian Jaya Ancol ini adalah Asian Coffee & Tea Festival 2018. Event ini digelar dari 16 hingga 26 Agustus dengan venue-nya berada di area Danau Monumen Ancol. Pada acara ini, para penggemar teh dan kopi pun berbondong-bondong datang untuk mencicipi berbagai suguhan serta olahan hingga sejarah minuman favorit mereka tersebut.

“Aktivitas ngopi dan ngeteh sudah sangat populer sehingga kami adakan festival ini supaya masyarakat dapat lebih mengetahui tentang kopi dan teh dan juga dapat mengenal budaya-budaya negara Asia melalui secangkir kopi dan teh,” ungkap Vice President Taman Impian Jaya Ancol, Sunarto, terkait perhelatan Asian Coffee and Tea Festival 2018, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com.

Suasana keragaman di Asian Games 2018 juga sangat terasa dalam festival ini. Pasalnya, para pengunjung yang datang ke sini dapat mencicipi kopi dan teh yang berasal dari wilayah benua Asia. Mereka juga berinteraksi langsung dengan komunitas pecinta kopi dan teh untuk berdiskusi sembari menikmati udara pantai di Taman Impian Jaya Ancol.

Acara puncak dalam Ancol Asian Festival adalah Ancol Lantern Festival yang diadakan hingga September 2018. Pada Sabtu 25 Agustus 2018, festival lampion ini dihadiri ratusan kepala wilayah dari seluruh area DKI Jakarta. Dari mulai wali kota, camat, lurah, sampai lurah turut hadir di acara ini dengan mengenakan pakaian adat khas Nusantara.

Dengan cahaya lampion yang indah di tengah suasana malam Taman Impian Jaya Ancol, festival ini menjadi gambaran bagaimana beragamnya kebudayaan di Asia, khususnya Indonesia. Beragam tarian nasional serta perwakilan negara Asia turut dihadirkan di acara ini. Tidak lupa, pertunjukkan kembang api yang ditembakkan ke langit semakin memeriahkan acara puncak dari Ancol Asian Festival.

“Kami menyebut acara ini sebagai malam persahabatan, meet and greet antara pejabat dan kepala wilayah yang berada di Provinsi DKI Jakarta dengan perwakilan atlet Asian Games 2018,” ucap Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, C. Paul Tehusijarana, sebagaimana dilansir dari republika.co.id.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.