Taman Langit Jadi Lokasi Murid TK Tzu Chi Belajar Tanaman

Pendidikan

Taman Langit Jadi Lokasi Murid TK Tzu Chi Belajar Tanaman

Menikmati berbagai kegiatan di luar ruangan merupakan bagian dari proses tumbuh kembang anak yang sangat baik untuk mereka. Selain untuk menghilangkan rasa bosan mereka beraktivitas dalam ruangan, udara serta sinar matahari juga baik untuk mereka apalagi jika kegiatan di luar juga memberikan kesempatan mereka untuk mempelajari hal yang baru. Di sinilah pentingnya mengenai kegiatan bercocok tanam di taman, karena anak-anak dapat belajar mengenai tanaman serta berinteraksi dengan alam. TK Tzu Chi Pantai Indah Kapuk pun memiliki lokasi khusus untuk hal ini.

Taman Langit Jadi Lokasi Murid TK Tzu Chi Belajar Tanaman

Nama lokasi untuk belajar mengenai bercocok tanam serta melihat langsung berbagai tanaman di TK Tzu Chi adalah Taman Langit. Nama dari taman ini mencerminkan di mana lokasinya, yakni di atap TK Tzu Chi yang membuat tanaman terkenal paparan sinar matahari secara maksimal. Namun untuk melindungi tanaman-tanaman itu terlalu panas, Taman Langit memiliki jaring paranet yang mengelilingi tempat belajar bercocok tanam ini.

Berdasarkan penjelasan dari Kepala Sekolah TK Tzu Chi Iing Felicia Joe kepada PingPoint.co.id (13/09/2019), Taman Langit memiliki dua bagian taman yang terpisah dengan jenis tanaman yang berbeda. Pada bagian pertama Taman Langit, taman ini dikhususkan untuk berbagai jenis sayuran, buah serta tanaman hias yang biasa ditanam di rumah-rumah.

[Baca Juga: Sistem Pendidikan TK Tzu Chi Fokus pada Pembentukan Karakter]

Taman ini juga memiliki fasilitas hidroponik yang diberikan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Utara. Untuk jenis tanaman hidroponiknya, ada pok coy merah, pok coy dakota, bayam, dan kangkung. Iing menyebut, beberapa waktu yang lalu sayuran hidroponik yang ditanam di Taman Langit sudah dipanen dan saat ini kembali ke masa pembibitan

Kemudian bagian kedua dari Taman Langit adalah taman yang berisi tanaman obat keluarga atau TOGA. Sesuai namanya, di taman ini ada berbagai tanaman yang biasanya dijadikan ramuan tradisional untuk pengobatan. Khusus di Taman Langit bagian ini, ada spanduk yang menjelaskan apa saja tanaman yang tumbuh di sini dan nama ilmiahnya serta manfaatnya untuk kesehatan jika diolah sebagai jamu.

[Baca Juga: Wakilkan Jakarta, TK Tzu Chi Tanding di LSS Tingkat Nasional]

Pengajar TK Tzu Chi menuturkan, proses pembelajaran mengenai tanaman serta bercocok tanam untuk murid-murid sudah menjadi bagian dari kurikulum di sekolah. Dengan mata pelajaran gardening, para guru akan mengajak siswa-siswi TK pada pagi hari ke Taman Langit. Kemudian mereka akan langsung dilibatkan dalam proses penanaman hingga panen. Di antara semua tanaman, menurut pengajar di TK Tzu Chi yang paling disukai oleh murid-murid di sini adalah saat mereka memanen tomat karena ukurannya yang besar serta wana yang menarik.


Read More

Artikel Lainnya

Batu Secret Zoo 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Malihat Potret Habitat Hewan dari 5 Benua di Batu Secret Zoo

28 September 2021, 07:06

PPKM berlevel memperlihatkan tren yang terus menurun di Kota Batu dan ancang-ancang pembukaan Jatim Park 2 tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.


Comments


Please Login to leave a comment.