Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Resmi Dibuka untuk Publi k.jpg

Pendidikan

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Resmi Dibuka untuk Masyarakat

Pada akhir Oktober 2021, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Tim Jakarta Kota Buku serta PT Integrasi Transit Jakarta atau ITJ dalam mencanangkan pembangunan taman literasi yang berlokasi di Blok M Jakarta Selatan. Setelah menjalani proses pembangunan hampir selama lebih dari 10 bulan, fasilitas yang digadang-gadang sebagai simpul literatur di Jakarta ini pun resmi dibuka untuk publik. Di mana pada akhir pekan kemarin, orang-orang yang menyambangi area transit Blok M-Sisingamangaraja bisa menikmati berbagai koleksi di sini.

Peresmian lokasi yang bernama lengkap Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini digelar pada 18 September 2022 dan langsung dihadiri Gubernur DKI Jakarya Anies Baswedan. Ia sangat merespons positif dengan resminya taman literasi ini. Ini tentu saja ini sudah sejalan dengan penunjukkan DKI Jakarta sebagai salah satu Kota Sastra Dunia versi UNESCO.

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Resmi Dibuka untuk Publik.jpg

Anies mengungkapkan, terdapat lebih dari 30 persen toko buku modern Indonesia yang berada di di Ibu Kota dan ini ditambah dengan 5.248 penerbit yang bermarkas di Jakarta. Kemudian dengan total 5.600 lokasi perpustakaan di Ibu Kota, terhitung dalam setahun pengunjungnya mencapai 4,5 juta orang. Walau begitu, kota ini menurutnya masih memiliki simpul literasi yang dapat menjadi wadah berbagai kegiatan literatur hingga untuk saling bertukar ide serta gagasan dan di sinilah peran Taman Literasi Martha Christina Tiahahu.

“Jadi, sesungguhnya Jakarta ini adalah kota yang penuh dengan aktivitas literatur. Tapi, tidak memiliki simpul pertemuannya. Karena itu, kita bangunkan sebuah taman literasi untuk mengkonsolidasikan itu semua, dalam sebuah tempat berkegiatan," ujarnya, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (18/9/2022).

[Baca Juga: Kuatkan Citra Kota Sastra Dunia, Anies Siap Hadirkan Taman Literasi]

Sekadar informasi, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu disebut sebagai salah satu taman terluas di Jakarta Selatan dan sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1948. Setelah diresmikan, saat ini taman ini memiliki fasilitas ruang diskusi, ruang belajar, ruang berbagi serta galeri, ruang baca, hingga panggung apung dan coffee shop. Dengan kehadiran berbagai fasilitas yang ada di sini, Anies pun mengajak para pengiat literasi untuk datang dan mengadakan kegiatan di sini. Tak lupa ia juga meminta para orangtua semakin menguatkan pengenalan literasi kepada buah hati dengan berkunjung ke sini.

“Kita sebagai orang tua seringkali ingin anak kita suka membaca, tapi perginya ke mana ya, gitu? Ke perpustakaan dan toko buku sudah biasa. Adakah terobosan-terobosan? Ada, tapi tempatnya di mana? Tidak tahu. Nah, dengan ada tempat ini, Insya Allah antara demand dan supply akan bertemu. Tapi, ini bukan konteks pasar komersial, ini adalah tempat pertemuan ide dan gagasan," tambah Anies


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.