Tambah Penghasilan di Rumah, PKK Jakarta Selatan Ikut Pelatihan Budikdamber.jpg

Bisnis

Tambah Penghasilan, PKK Jakarta Selatan Ikut Pelatihan Budikdamber

Selain berdampak terhadap kesehatan fisik dan mental, hal yang ikut terkena imbas dari pandemi COVID-19 adalah perekonomian. Sehingga diperlukan kreativitas untuk tetap membuat keuangan di rumah tidak terlalu terganggu akibat wabah yang disebabkan Virus Corona ini. Oleh karena itulah Tim Penggerak (TP) PKK Jakarta Selatan bekerjasama dengan Suku Dinas Kelautan, Peternakan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan untuk memberikan pelatihan budi daya ikan kepada para kader TP PKK di wilayahnya.

Menariknya, budi daya ikan ini tak membutuhkan lahan atau kolam yang besar. Karena metode yang disosialisasikan dalam kegiatan ini merupakan budidaya ikan di dalam ember atau budikdamber. Sehingga dengan hanya menggunakan media ember besar dan bibit ikan, para anggota TP PKK Jakarta Selatan dapat menjual ikan hasil budidaya sendiri di rumah. Apalagi dengan metode ini kerap kali bisa digabungkan dengan urban farming sayuran seperti kangkung.

Tambah Penghasilan di Rumah, PKK Jakarta Selatan Ikut Pelatihan Budikdamber .jpg

“Budikdamber ini arahan langsung dari TP PKK Provinsi DKI (Fery Farhati Ganis Baswedan) untuk meningkatkan pendapatan keluarga terutama saat masa pandemi COVID-19. Kegiatan ini sangat praktis, karena bisa dilakukan di rumah,” ucap Ketua TP PKK Jakarta Selatan Komariah Marullah di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan (23/6/2020).

Kepala Seksi Perikanan Sudin KPKP Jakarta Selatan Fitri Desfantari yang langsung memberikan pengarahan mengenai langkah-langkah serta apa saja yang dibutuhkan untuk memulai budikdamber. Setiap peserta yang ikut dalam pelatihan ini pun disebut memperhatikan secara seksama. Pasalnya, selain untuk TP PKK Jakarta Selatan, pelatihan ini juga nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat di kecamatan hingga kelurahan oleh para anggota PKK.

[Baca Juga: Bintaro Persiapkan Lahan untuk Urban Farming]

Sekadar informasi, budikdamber sebenarnya sempat viral pada bulan Mei lalu di media sosial. Dengan seorang dosen budidaya perikanan yang berasal dari Politeknik Negeri Lampung yang pertama kali mencanangkannya. Dirinya disebut sudah melakukan penelitian terhadap metode ini selama beberapa tahun terakhir. Di mana media yang dibutuhkan pun terbilang sederhana, yaitu ember besar dengan kapasitas 60 liter, pot plastik atau gelas plastik bekas air mineral untuk menanam sayuran, arang serta sekam, kawat jemuran untuk mengaitkan pot, dan bibit sayuran serta ikan.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.