saungkuriang.jpg

Hobi dan Hiburan

Tambah Sejuk, Cipondoh Punya Kampung Hidroponik

Ketika mendengar nama kota Tangerang, terlintas bagi sebagian orang adalah kota yang panas, polusi dan macet. Sebagai kota yang berdekatan dengan Ibu Kota, tentu banyak pembangunan dan pablik-pabrik yang menjadi pusat industri. Namun siapa sangka, pemerintah dan masyarakat kota Tangerang bersama-sama membangun kota Tangerang dengan sejumlah program dan kreativitas. Misalnya program kampung tematik untuk menjadikan kota Tangerang menjadi kota layak huni, layak dikujungi, dan meningkatkan perekonomian masyarakat lewat UMKM.

Salah satu bentuk kreativitas untuk menjadikan kota Tangerang yang sejuk dilakukan oleh masyarakat kampung Saungkuriang yang berlokasi di Perumahan Poris Indah RT 08, RW 01, Kelurahan Cipondoh Indah, sebenarnya tidak ada arti khusus dari nama Saungkuriang tersebut, hanya aja banyak saung yang terdapat di kampung itu.

Dilansir dari laman resmi kota Tangerang (www.tangerangkota.go.id), Pengurus Kampung Saungkuriang, Feby Lukito, mengungkapkan, Kampung Saungkuriang dibangun sejak 2017, atas inisiasi warga untuk menyukseskan program Pemkot Tangerang yaitu Kampung Tematik. Memiliki lahan tidur yang awalnya kurang terurus, yang akhirnya kini mampu menjadi kawasan hijau dan asri.

[Baca Juga: Kawasan Wisata Situ Cipondoh, tempat alternatif untuk ngabuburit]

Menariknya, kampung Saungkuriang ini punya lahan cukup luas untuk dihijaukan. Masyarakat kampung Saungkuriang memanfaatkan lahan tersebut dengan menanam sayur-sayuran, Toga, dan tanaman produktif lainnya. Sehingga dapat menyumbang oksigen yang bersih dan sehat untuk lingkungan sekitarnya.

Namun, yang lebih menarik di kampung ini adalah pertanian hidroponik yang dibangun dengan menggunakan air setinggi 3 meter lebih. Selain itu, berbagai program terus dikembangan oleh masyarakat setempat, seperti dengan membuat budidaya stroberi, sayuran dan lain-lain. Tujuannya agar menjadi sumber penghasilan masyarakat di kampung Saungkuriang.

Karena kreativitasnya tersebut, kampung Saungkuriang menjadi salah satu tempat percontohan bagi kampung lain di kawasan Tangerang. Pada saat-saat tertentu, kampung Saungkuriang bisa mengadakan festival Kuliner Night yang menjadi destinasi baru untuk masyarakat Cipondoh beserta keluarga. Dengan adanya kampung tematik Saungkuriang, kini Cipondoh punya paru-paru untuk bernafas dengan oksigen yang sehat dan bersih, serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.