pohon kopi.jpg

Berita Kawasan

Tanam Sepuluh Ribu Pohon Kopi, Bakti Kota Bandung Memperingati Hari Bumi

Dicanangkan pada tahun 1970 oleh seorang Senator Amerika yang bernama Gaylord Neslond, Hari Bumi sedunia ditetapkan pada tanggal 22 April. Peringatan ini dirayakan setiap tahunnya oleh seluruh manusia di bumi sebagai bentuk dukungan peduli lingkungan. Selain itu, Hari Bumi juga bertujuan untuk mengaperiasi dan meningkatkan kesadaran terhadap planet bumi.

pohon kopi1.jpg

Bersamaan dengan itu, Pemkot Bandung turut serta menanam sepuluh ribu pohon kopi sebagai bentuk bakti memperingati Hari Bumi. Secara simbolis, Pemerintah Kota Bandung turun langsung untuk menanam tiga ribu pohon kopi di Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung pada Selasa, 27 April 2021. Kopi-kopi yang ditanam merupakan bantuan dari Dinas Perkebunan Jawa Barat.

pohon kopi3.jpg

Kegiatan menanam pohon tersebut juga masih bagian dari rangkaian Gerakan Bandung Menanam Jilid 3. Tiga ribu pohon kopi ditanam di Kecamatan Ujung, sisanya sebanyak tujuh ribu pohon ditanam di Kecamatan Cibiru, Panyileukan, Rancasari, Cibeunying Kaler, dan Kecamatan Mandalajati. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memelihara lingkungan dan juga merupakan pencegahan banjir. "Kegiatan ini dalam upaya memelihara lingkungan dan mencegah terjadinya banjir," ungkap Yana dalam laman humas.bandung.go.id (27/04/21).

Kang Yana juga menambahkan bahwa selain untuk mencegah banjir, dia berharap kegiatan penghijauan ini juga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar, juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan kenyamanan lingkungan. "Selain upaya untuk penghijauan, hal ini juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga sekitar. Bukan hanya memberikan manfaatnya lingkungan saja tetapi pengurangan risiko banjir dan juga punya nilai ekonomi di masyarakat," tambahnya.

pohon kopi2.jpg

Gin Gin Ginanjar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung mengungkapkan, secara umum ada dua jenis kopi yang dapat dihasilkan di Indonesia, yakni Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Namun, Kota Bandung merupakan dataran yang jarang memiliki lahan di daerah dengan ketinggian di atas 1000 meter sehingga Kopi Arabika kurang berkembang dibandingkan dengan Kopi Robusta.

"Mengingat Kota Bandung lahan jarang daerah dengan ketinggian di atas 1000 meter tergolong jarang, maka perkembangan kopi Arabika menjadi terbatas. Komoditas kopi Robusta cocok ditanam di Kota Bandung, maka jenis kopi Robusta ini ditanam di wilayah Kota Bandung," jelas Gin Gin.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.