Tanaman Obat Keluarga Dikembangkan Warga Pondok Pucung

Berita Kawasan

Tanaman Obat Keluarga Dikembangkan Warga Pondok Pucung

Perubahan cuaca yang tak menentu membuat warga bisa rentan terkena penyakit. Tanaman Obat Keluarga (Toga) sangat dibutuhkan warga untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit. Oleh sebab itu, warga Tangerang Selatan berkeinginan untuk mengembangkan Toga sebagai solusinya.

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (11/12/2019), simbolis penanaman toga dilakukan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie di Halaman Kelurahan Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangsel pada 6 Desember 2019. Benyamin mengatakan, kesehatan warga harus dijaga karena cuaca saat ini kurang mendukung, khususnya bagi anak-anak. Makanan yang tidak higienis dan cuci tangan yang kurang bersih juga bisa menyebabkan penyakit.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Dirinya berharap, nantinya toga ditanam tidak hanya di Kantor Kelurahan Pondok Pucung, tapi di lingkungan rumah masing-masing dan meminta para ibu untuk menginisiasinya. "Karena ibu-ibulah yang telaten merawat toga, di tengah banyaknya makanan siap saji. Saya berpesan jangan abaikan aspek kesehatan. Di sini pula, pertama kalinya saya menghadiri kegiatan penanaman toga. Jadi juga akan dikembangkan tiap kelurahan di Tangsel," ungkap Benyamin.

Sementara itu, Lurah Pondok Pucung Murtado menjelaskan, di kantornya ada sekitar 60 jenis toga yang didapat dari 101 RT dan 17 RW di Kelurahan Pondok Pucung. Seperti kumis kucing, sambiloto, cincau, dewa, jarak, temulawak, lidah buaya dan lainnya.

[Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat]

"Banyak usulan dari warga yang sulit mencari pohon obat. Kemudian kita kerjasama dengan puskesmas dan seluruh kader, saya suruh bawa satu pohon toga dan nanti kita tata letaknya. Selanjutnya per lingkungan dan satu rumah minimal 5 jenis toga, termasuk di perumahan sekalipun, dengan tujuan menjaga kesehatan internal keluarga dan kembali ke herbal," jelasnya.

Sedangkan idenya, merupakan gagasan Kasi Pemerintahan, Ketenteraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Pondok Pucung, Fahmy Rahardian yang melanjutkan program Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan yang merupakan PR dari Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

"Bu Airin menyarankan adanya satu kawasan rumah pangan lestari per kelurahan atau membudidayakan tanaman toga dan pangan. Dengan fungsi kedepan untuk kesehatan. Dan semenjak saya bertugas disini, saya tanamkan program tersebut," ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.