Tanaman Obat Keluarga Dikembangkan Warga Pondok Pucung

Berita Kawasan

Tanaman Obat Keluarga Dikembangkan Warga Pondok Pucung

Perubahan cuaca yang tak menentu membuat warga bisa rentan terkena penyakit. Tanaman Obat Keluarga (Toga) sangat dibutuhkan warga untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit. Oleh sebab itu, warga Tangerang Selatan berkeinginan untuk mengembangkan Toga sebagai solusinya.

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (11/12/2019), simbolis penanaman toga dilakukan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie di Halaman Kelurahan Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangsel pada 6 Desember 2019. Benyamin mengatakan, kesehatan warga harus dijaga karena cuaca saat ini kurang mendukung, khususnya bagi anak-anak. Makanan yang tidak higienis dan cuci tangan yang kurang bersih juga bisa menyebabkan penyakit.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Dirinya berharap, nantinya toga ditanam tidak hanya di Kantor Kelurahan Pondok Pucung, tapi di lingkungan rumah masing-masing dan meminta para ibu untuk menginisiasinya. "Karena ibu-ibulah yang telaten merawat toga, di tengah banyaknya makanan siap saji. Saya berpesan jangan abaikan aspek kesehatan. Di sini pula, pertama kalinya saya menghadiri kegiatan penanaman toga. Jadi juga akan dikembangkan tiap kelurahan di Tangsel," ungkap Benyamin.

Sementara itu, Lurah Pondok Pucung Murtado menjelaskan, di kantornya ada sekitar 60 jenis toga yang didapat dari 101 RT dan 17 RW di Kelurahan Pondok Pucung. Seperti kumis kucing, sambiloto, cincau, dewa, jarak, temulawak, lidah buaya dan lainnya.

[Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat]

"Banyak usulan dari warga yang sulit mencari pohon obat. Kemudian kita kerjasama dengan puskesmas dan seluruh kader, saya suruh bawa satu pohon toga dan nanti kita tata letaknya. Selanjutnya per lingkungan dan satu rumah minimal 5 jenis toga, termasuk di perumahan sekalipun, dengan tujuan menjaga kesehatan internal keluarga dan kembali ke herbal," jelasnya.

Sedangkan idenya, merupakan gagasan Kasi Pemerintahan, Ketenteraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Pondok Pucung, Fahmy Rahardian yang melanjutkan program Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan yang merupakan PR dari Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

"Bu Airin menyarankan adanya satu kawasan rumah pangan lestari per kelurahan atau membudidayakan tanaman toga dan pangan. Dengan fungsi kedepan untuk kesehatan. Dan semenjak saya bertugas disini, saya tanamkan program tersebut," ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.