Tanamkan Literasi Digital pada Anak, Google Luncurkan Tangkas Berinternet

Pendidikan

Tanamkan Literasi Digital pada Anak, Google Luncurkan Tangkas Berinternet

Internet seperti dua mata pisau bagi para penggunanya. Selain dapat membantu keseharian penggunanya, di sisi lain Internet juga memiliki dampak yang sangat buruk. Terlebih kepada mereka yang kesehariannya tidak lepas dari internet. Bahkan menurut riset dari Digital Wellbeing, diketahui bahwa 83 persen orangtua di Indonesia khawatir anak mereka terpapar konten yang tidak pantas atau berbahaya saat menggunakan teknologi digital.

Untuk itu, bertepatan pula dengan Hari Aman Berinternet atau Safer Internet Day yang jatuh setiap tanggal 11 Februari, Google Indonesia bersama dengan Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection (lD-COP) meluncurkan program Tangkas Berinternet (#TangkasBerinternet).

[Baca Juga: Ini Fungsi Fitur Terbaru Google di Taman Ria Google 4ID]

Program yang didukung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PPA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), dan Siberkreasi ini bertujuan meningkatkan literasi digital kepada para pengguna internet di Indonesia.

“Tangkas Berinternet adalah sebuah program global literasi digital dan keamanan online yang dijalankan oleh Google bertujuan untuk meningkatkan ketahanan berinternet anak-anak,” ujar Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia Putri Alam dalam acara peringatan Hari Aman Berinternet yang dihadiri PingPoint.co.id di Kantor Kemendikbud, Jakarta (10/2/2020).

Tanamkan Literasi Digital pada Anak, Google Luncurkan Tangkas Berinternet

Akan ada beberapa materi dalam program Tangkas Berinternet yang bisa djadikan materi ajar oleh para guru dan orang tua. Salah satunya adalah permainan berbasis web yang dapat membantu mengajarkan konsep literasi digital kepada anak-anak dengan bantuan guru dan orangtua.

Putri Alam menambahkan, program Google Tangkas Berinternet ini memuat lima topik penting yakni Cerdas, Cermat, Tangguh, Bijak dan Berani Berinternet. Kelima topik itu ditujukan kepada anak-anak dengan bimbingan para guru dan orangtua.

Cerdas kata Putri adalah langkah-langkah bagaimana anak sudah tahu harus berbuat apa terhadap cepatnya penyebaran informasi yang terjadi. Anak-anak harus mampu memilah mana informasi yang baik untuknya dan menghindari postingan yang negatif.

[Baca Juga: Taman Ria Google 4ID Hadirkan Fitur-fitur Menarik dalam Wahana Bermain]

Cermat yaitu yaitu agar anak-anak tahu apa yang mereka lihat di internet itu tidak semuanya benar. “Jadi mereka tidak gampang percaya dan tak gampang berbuat oleh apa yang telah mereka lihat di internet,” kata Putri.

Adapun Tangguh mengajarkan betapa pentingnya menjaga data diri di Internet agar tidak disalahgunakan pihak lain. Selain itu Bijak yang mengajarkan anak-anak untuk berbuat ketika melihat ada kasus-kasus cyber bullying online dan terakhir adalah Berani, dimana anak-anak harus berani berkomunikasi dengan orangtua dan guru-gurunya bila melihat sesuatu yang janggal di internet.

Bersama dengan Yayasan Sejiwa, program Tangkas Berinternet juga akan menyelenggarakan pelatihan untuk guru dan orangtua di lima kota di Indonesia. Materi ajar untuk guru dan orang tua, permainan berbasis web untuk anak anak sudah dapat diakses di g.co/tangkasberinternet.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.