Satgas Kelas 1.jpeg

Berita Kawasan

Tanggap Cepat, Kota Tangerang Resmikan Satgas COVID-19 Tingkat Kelas

Beberapa pekan terakhir kondisi aktivitas keseharian di Kota Tangerang terlihat kembali berjalan secara normal. Selain pembukaan akses-akses publik, kenormalan aktivitas juga terlihat dari kelancaran pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di berbagai sekolah di Kota Tangerang. Namun, beberapa hari terakhir aktivitas tersebut kembali menjadi perhatian utama di mata publik Kota Tangerang. Mengingat sesuai kabar resmi yang telah dikonfirmasi, terdapat 27 kasus positif baru di lingkungan sekolah yang terjadi di 15 SMP di Kota Tangerang yang menerapkan aktivitas PTM terbatas.

Menindaklanjuti kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang beserta Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen PAUD Disdakmen), Kemendikbud, melakukan trobosan progresif dalam menanggulangi kasus baru agar tidak semakin menyebar dan menganggu aktivitas PTM terbatas yang sedang berjalan.

Satgas Kelas 2.jpeg

Mengingat PTM terbatas sudah diterapkan di 148 sekolah, Pemkot Tangerang beserta Dirjen PAUD Diskdakmen Kemendikbud meresmikan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Tingkat Kelas, melampaui rekomendasi umum yang hanya disarankan membentuk Satgas Tingkat Sekolah di lingkungan masing-masing.

Bukan tanpa alasan, pembentukan Satgas COVID-19 Tingkat Kelas bertujuan menerapkan langkah mitigasi lebih tepat dan cepat dengan mengerucutkan kewaspadaan di tingkat yang lebih kecil. Sehingga proses identifikasi keluhan kondisi kesehatan bisa lebih cepat diketahui, serta kalau pun ada kasus baru, cukup tingkat kelas yang mengalami isolasi kembali, tanpa harus menganggu PTM terbatas yang sedang berjalan di tingkat sekolah.

[Baca Juga: Kota Tangerang Bersiap Lakukan PTM Tahap Ketiga]

“Rekomendasi Kemendikbud, Satgas COVID-19 hanya terbentuk di tingkat sekolah. Tapi, Kota Tangerang kini membentuk (Satgas COVID-19) di tingkat kelas. Ini menjadi contoh yang perlu ditiru pemerintah kota atau kabupaten lainnya.” Ungkap Jumeri, Dirjen PAUD Disdakmen Kemendikbud, ketika meresmikan Satgas COVID-19 Tingkat Kelas di SMPN 13 Kota Tangerang.

Satgas COVID-19 baru tingkat kelas ini berisi dan dijalankan secara mandiri oleh murid-murid secara langsung. Berisi sekitar tiga orang di tiap kelas, murid-murid tersebut mempunyai tugas untuk memonitori kondisi teman-temannya, serta menjadi motor penggerak tanggung jawab untuk bersama-sama menjaga kepatuhan protokol kesehatan yang menjadi syarat mutlak kesuksesan pelaksanaan PTM terbatas di sekolah-sekolah di Kota Tangerang.

“Satu kelas ada tiga Satgas COVID-19. Tugasnya, memonitoring para teman-temannya dalam kepatuhan menggunakan masker, memastikan cuci tangan yang rutin, tidak berkurumun, dan tidak bareng-bareng saat makan.” Lanjutnya.

Satgas Kelas 3.jpeg

Keberadaan Satgas COVID-19 Tingkat Kelas ini dapat membantu Satgas-satgas lain yang sudah dibentuk sebelumnya, yakni mengingat Satgas internal dan eksternal sendiri sudah dibentuk lebih dulu di tiap-tiap sekolah. Oleh karenanya, selain turut memberikan kontribusi tugas monitoring, langkah mitigasi nantinya daoat direncanakan secara lebih detail dan tepat sasaran.

Setelah peresmian dibentuknya Satgas COVID-19 Tingkat Kelas ini, publikasi informasi akan secara cepat didistribusikan ke tiap-tiap sekolah yang saat ini menerapkan PTM terbatas untuk sesegera mungkin dibentuk tim Satgas serupa. Langkah progresif sejak dini ini juga merupakan bentuk persiapan matang menyambut pelaksanaan PTM terbatas tahap empat yang akan dilaksanakan mulai pekan depan, dengan tambahan 52 sekolah, serta menggenapkan 100 persen penuh Kota Tangerang dalam pelaksanaan PTM terbatas di seluruh sekolah yang ada.


Read More

SMPN 13 Kota Tangerang

Sekolah Menengah Pertama

+62215531890
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.