Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket

Berita Kawasan

Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin melakukan pengembalian tiket kereta. Sebab saat ini, pembatalan tiket dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, untuk melakukan pengembalian tiket, para calon penumpang harus memiliki aplikasi KAI Access versi terbaru. Kemudian setelah mengikuti prosedur, maka PT KAI akan mengembalikan uang tiket perjalanan mereka dengan pengembalian bea 100 persen.

[Baca Juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Mulai Bisa Dipesan Pekan Ini]

“Meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. Yang terpenting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket,” terang Eva.

Pemberlakuan sistem pengembalian tiket secara online ini dilakukan guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun. Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret - 29 Mei 2020.

Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket

Meski telah meluncurkan sistem online, namun PT KAI juga masih melayani para calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan tiket secara langsung di stasiun. Akan ada delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh.

Kedelapan stasiun itu adalah Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Cikampek dan Stasiun Bekasi yang akan melayani pengembalian tiket mulai pukul 07.00 WIB. Sementara tiga sisanya yakni Stasiun Bogor, Stasiun Rangkasbitung dan Stasiun Serang akan melayani pengembalian tiket mulai pukul 09.00 WIB.

Masing-masing stasiun juga menyiapkan tiga loket untuk melayani pembatalan tiket, kecuali Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki lima loket guna menghindari antrean. Nantinya, semua loket pembatalan tiket akan beroperasi setiap hari tanpa terkecuali.

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

Tercatat, sejak 1 Maret hingga kini, ada sekitar 71.000 tiket KA yang telah melakukan proses pembatalan, baik melalui loket stasiun maupun lewat sistem online. Hal ini juga sejalan dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beberapa waktu yang sempat menyarankan kepada masyarakat untuk menunda terlebih dahulu mudik ke kampung halaman guna menekan penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 6 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 ,org dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.