Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket

Berita Kawasan

Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin melakukan pengembalian tiket kereta. Sebab saat ini, pembatalan tiket dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, untuk melakukan pengembalian tiket, para calon penumpang harus memiliki aplikasi KAI Access versi terbaru. Kemudian setelah mengikuti prosedur, maka PT KAI akan mengembalikan uang tiket perjalanan mereka dengan pengembalian bea 100 persen.

[Baca Juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Mulai Bisa Dipesan Pekan Ini]

“Meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. Yang terpenting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket,” terang Eva.

Pemberlakuan sistem pengembalian tiket secara online ini dilakukan guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun. Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret - 29 Mei 2020.

Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket

Meski telah meluncurkan sistem online, namun PT KAI juga masih melayani para calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan tiket secara langsung di stasiun. Akan ada delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh.

Kedelapan stasiun itu adalah Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Cikampek dan Stasiun Bekasi yang akan melayani pengembalian tiket mulai pukul 07.00 WIB. Sementara tiga sisanya yakni Stasiun Bogor, Stasiun Rangkasbitung dan Stasiun Serang akan melayani pengembalian tiket mulai pukul 09.00 WIB.

Masing-masing stasiun juga menyiapkan tiga loket untuk melayani pembatalan tiket, kecuali Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki lima loket guna menghindari antrean. Nantinya, semua loket pembatalan tiket akan beroperasi setiap hari tanpa terkecuali.

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

Tercatat, sejak 1 Maret hingga kini, ada sekitar 71.000 tiket KA yang telah melakukan proses pembatalan, baik melalui loket stasiun maupun lewat sistem online. Hal ini juga sejalan dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beberapa waktu yang sempat menyarankan kepada masyarakat untuk menunda terlebih dahulu mudik ke kampung halaman guna menekan penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2.

Read More

Artikel Lainnya

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

03 April 2020, 14:00

Pergi ke dokter gigi di tengah Pandemi COVID-19 sebisa mungkin perlu dihindari. Berikut cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Kesehatan

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

03 April 2020, 13:00

Zoonosis menjadi salah satu kata yang kini sering ditemui. Apa arti kata itu dan apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 yang diakibatkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2?


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 week lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 ,org dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.