Pemkot Bogor Terapkan Karantina Wilayah Parsial

Berita Kawasan

Tanggap COVID-19, Kota Bogor Punya 2 Kabar Baik

Kota Bogor sempat disebut sebagai salah satu tempat penyebaran COVID-19 hingga mewabah ke beberapa daerah di Indonesia. Semua bermula dari tewasnya laki-laki berusia 59 tahun, seorang pedagang di Pasar Klewer, satu dari dua orang dalam pemantauan di wilayah Jawa Tengah yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 sepulang dari seminar di Bogor pada 25-28 Februari 2020 silam.

Diberitakan Tirto.id, pada hari kabar kematian korban kedua di Solo, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengumumkan satu orang di provinsi itu positif COVID-19. Dugaannya, pasien itu tertular saat menghadiri seminar di Bogor pada akhir Februari. Lebih berani dari Dinkes Solo dan Jateng, Reihana mengumumkan nama seminar dan hotelnya. Pasien laki-laki berusia 62 tahun itu menghadiri seminar Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) di Hotel Aston Bogor pada 26-29 Februari.

Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Yang lalu biar lah berlalu. Kini Kota Bogor menunjukan dedikasinya dan komitmennya dalam memberantas COVID-19. Dilansir covid19.kotabogor.go.id, Kamis (16/4/2020) kemarin, wilayah berjuluk Kota Hujan ini menorehkan prestasi sekaligus memberi kabar baik.

Kabar baiknya, Kota Bogor kembali mencatat angka 0 kasus baru positif COVID-19 pada Kamis (16/4/2020), yang mana pada hari sebelumnya pada Rabu (15/4/2020) Kota Bogor juga tanpa kasus baru. "Jumlah pasien terkonfirmasi positif untuk hari ini, Kamis, di Kota Bogor tetap berjumlah 58 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno.

Pendataan Bansos

Kabar lainnya, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor tengah intensif melakukan pendataan terkait bantuan sosial yang akan diberikan kepada warga terdampak COVID-19. Kepala Dinsos Kota Bogor, Anggraeny Iswara menyebutkan ada dua data yang akan menerima bantuan sosial yakni dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non DTKS.

DTKS artinya data kemiskinan yang ada di Kota Bogor yang memang sudah ada di dalam sistem Kementerian Sosial (Kemensos) dengan jumlah KK miskin 71.111 KK yang dibantu dari APBN melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sembako. Dia membeberkan terdapat selisih dari kedua program tersebut, sehingga ketika diverifikasi dan validasi jumlah yang sudah dibantu dari APBN adalah 41.845 KK. Kemudian pemerintah pusat melakukan perluasan bantuan sejumlah 30.010 KK.

[Baca Juga: Positif Covid-19, Wali Kota Bogor Isolasi Diri]

"DTKS ini diintervensi dari APBN dengan program PKH dan program sembako, tapi tidak semua yang dibantu karena anggaran APBN terbatas. Jadi yang dibantu ada 35.923 KK untuk sembakonya dan PKH ada 29.466 KK. Jadi DTKS (71.111 KK) semuanya clear dibantu dari APBN dan APBD Provinsi " kata Anggraeny, dilansir okezone.com, Kamis (16/4/2020).

Kemudian, sambungnya, ada bantuan sosial dari Pemprov Jawa Barat. Hasil dari verifikasi jumlah yang akan dibantu untuk Kota Bogor sebanyak 8.046 KK. "Mulai kemarin disalurkan melalui Kantor Pos dengan jumlah Rp500.000 yang terdiri dari bantuan langsung sembako senilai Rp350.000 dan uang tunai Rp150.000," jelasnya.

Demi Kelancaran PSBB, Pemprov DKI Salurkan 29.831 Paket Bansos

Sementara, untuk Non DTKS ini jumlahnya ada 43.531 KK yang berasal dari pendataan wilayah, kemudian di verifikasi dan validasi menjadi 41.838 yang ber-NIK dan sisanya tidak ber-NIK 1.693 KK. Selanjutnya yang tidak ber-NIK diusulkan ke provinsi dan ternyata provinsi memberikan kuota 31.285 KK.

"Kemudian sisa data yang diusulkan yang tidak ter-cover kita tambah dengan yang tidak ber-NIK atau (jumlah usulan 43.531 KK - kuota 31.285 KK = 12.246 KK), nanti sisanya (12.246 KK) kita akan bantu melalui APBD Kota Bogor dari Bansos tidak terencana," paparnya.

[Baca Juga: Demi Kelancaran PSBB, Pemprov DKI Salurkan 29.831 Paket Bansos]

Dia menegaskan, penerima bantuan sosial di Kota Bogor tak boleh ganda sehingga pihaknya akan verifikasi dan validasi berdasarkan NIK, by name, by address. Dalam membantu sesama, pihaknya juga akan mendirikan dapur umum yang dipusatkan di kantor Dinsos. Perharinya ada 450 paket nasi selama 30 hari. "Jadi siapa aja yang membutuhkan, seperti tukang becak, ojek online, pemulung silahkan untuk mengambil nasi bungkus gratis ini," tutupnya.

Sekadar info, hingga saat ini pasien positif yang masih dalam perawatan rumah sakit berjumlah 48 orang. Pasien meninggal 10 orang dan belum ada pasien yang dinyatakan sembuh. Sementara itu, Orang Tanpa Gejala (OTG) jumlah total 22, dinyatakan sembuh 1 orang, dalam pemantauan 21 orang. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlah total sebanyak 951, selesai dipantau 573 orang sehingga masih dalam pemantauan 378 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlah total 129, dinyatakan sembuh 28 pasien, dalam pengawasan rumah sakit 77 orang. PDP meninggal 24 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.