Tanggul Jebol Pemkot Medan Tinjau Pemukiman yang Terendam Banjir

Berita Kawasan

Tanggul Jebol! Pemkot Medan Tinjau Pemukiman yang Terendam Banjir

Di tengah bayangan pandemi COVID-19 di Kota Medan, warga di Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan malah dibebani dengan keadaan banjir. Insiden banjir ini sudah dialami oleh para warga di sini sejak pekan lalu yang di mana kondisi ini dipicu tanggul di kawasan mereka yang jebol. Setelah beberapa hari dibayangi ancaman banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan langsung meninjau keadaan tanggul yang jebol tersebut.

Ancaman banjir ini muncul akibat tanggul yang jebol itu tak bisa menahan pasang surut air laut. Bila air tengah pasang maka warga di Kelurahan Nelayan Indah akan dihadapi dengan banjir yang memiliki ketinggian hingga setara pinggang orang dewasa. Di mana air pasang muncul pada siang hari dan baru surut ketika menjelang malam, sehingga selama beberapa hari warga mendapati hunian mereka terendam banjir padahal di sisi lain mereka juga mengkhawatirkan pandemi COVID-19.

Tanggul Jebol Pemkot Medan Tinjau Pemukiman yang Terendam Banjir

Pada 11 Mei 2020, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dengan jajarannya serta Camat Medan Labuhan Rudy Asriandy langsung meninjau keadaan di Kelurahan Nelayan Indah. Rencananya esok hari 13 Mei 2020, Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan turun ke sana untuk melakukan perbaikan.

“Saya sudah perintahkan Kadis PU hari Rabu mendatangi tanggul ini (untuk) diperbaiki sementara. Kenapa dipilih hari Rabu? Karena pada hari Rabu besok diperkirakan memasuki pasang mati sehingga dapat dilakukan pengerajaan dan saya juga minta masyarakat sekitar agar ikut bergotong royong membantu pengerjaannya,” ujar Akhyar, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (11/5/2020).

[Baca Juga: Tak Gunakan Masker di Kota Medan, Hukuman Push Up Menanti]

Berdasarkan peninjauan tersebut disinyalir penyebab dari jebolnya tanggul ini dipicu karena tingginya pasang air lalu sehingga setidaknya ada dua tanggul yang jebol di sini. Menurut Akhyar, pasang air laut di kawasan ini terbilang cukup tinggi yang mencapai 2,8 meter dari titik surut air terendah dan kondisi inilah yang memicu kerusakan terhadap tanggulnya.

Plt Wali Kota Medan itu menjelaskan, perbaikan tanggul besok bersifat sementara waktu, karena perbaikan permanen baru akan dilakukan nanti oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan. Ia menambahkan, warga diharapkan dapat menjaga tanaman mangrove yang tumbuh di sekitar kawasan Kelurahan Nelayan Indah agar dapat membantu menekan kemungkinan terjadinya banjir.

[Baca Juga: Pemkot Medan Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Terdampak COVID-19]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 4 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)