BEKASI-KAWASAN-TANGGUL KALI BEKASI LONGSOR MASYARAKAT DIMINTA SIAGA-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Tanggul Kali Bekasi Longsor, Masyarakat Diminta Siaga

Bencana yang terjadi di Indonesia sepertinya belum berhenti sampai di tsunami Selat Sunda. Pasalnya baru saja, Bekasi mengalami kelongsoran (1/1/2018). Walau tak memakan korban jiwa, fenomena ini mengegerkan masyarakat sekitar, khususnya warga yang tinggal di lokasi yang berada di perumahan Kemang Pratama, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Fenomena ini terjadi karena tarikan tanggul Kali Bekasi yang hampir ambruk ke tengah kali. Melansir dari laman resmi pemerintah Kota Bekasi, bekasikota.go.id (4/1/2019), kejadian ini bermula saat ada warga yang melintas dan melihat jika posisi tanggul bergeser sehingga tanah terbenah dua dan membuat celah antara tanah dan tanggul pembatas. Kelongsoran tanggul ini membuka tanah sekitar satu meter dengan dalam dua meter.

[Baca Juga: 2 Kelurahan Depok Peduli Bencana Tsunami Selat Sunda]

Melansir dari metro.tempo.co, kemiringan tanggul ini disebabkan oleh erosi tanah yang mencapai 70 meter. Sebelumnya sudah ada 130 meter tanggul yang miring, sedangkan 100 meter sisanya tinggal menunggu waktu untuk ambruk.

Hal ini sangat mengkhawatirkan karena lokasi longsor sangat dekat dengan jalan utama. Mendengar hal ini Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyanto pergi meninjau lokasi tanggul yang longsor (2/1/2019). Beliau hadir didampingi Kepala Bidang Perencanaan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dicky Irawan dan Kepala Bidang Sumber Daya Air, Yudianto berkat laporan warga Kemang Pratama, Haeri Parani.

Tanggul Kali Bekasi Jebol

Masalah longsornya tanggul Kali Bekasi ini diakui Tri Adhianto sudah ditangani oleh Dinas Marga dan Sumber Daya Air. Bahkan ia juga meminta untuk pihak terkait memantau area bantaran Kali Bekasi yang rawan terjadi hal serupa, seperti Keluarahan Bojong Rawalumbu, Bojong Menteng, Sepanjang Jaya, Marga Jaya, dan Margahayu.

[Baca Juga: Kota Bekasi Punya Program Layanan Masyarakat Berbasis Aplikasi. Sudah Tahu?]

Bukan hanya itu, kedua pihak tersebut juga diminta untuk memperhatikan jalanan yang rusak, berlubang, pohon tua yang rawan tumbang, selama musim hujan dan angin kencang masih sering terjadi.

“Alhamdulilah hari ini sudah ditangani supaya tidak meluas dan memperparah kerusakan,” ujar Tri Adhianto. Akibat kejadian ini para aparat terkait meminta warga untuk tetap siaga, selain longsornya tanggul Kali Bekasi, dikhawatirkan pula banjir, hujan deras, dan angin puting beliung melanda Kota Bekasi berdasarkan prediksi cuaca yang dibagikan oleh Badan Meteorologi, Klimitologi, dan Geofisika (BMKG).

Read More

Artikel Lainnya

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.


Comments


Please Login to leave a comment.