ads
BEKASI-KAWASAN-TANGGUL KALI BEKASI LONGSOR MASYARAKAT DIMINTA SIAGA-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Tanggul Kali Bekasi Longsor, Masyarakat Diminta Siaga

Bencana yang terjadi di Indonesia sepertinya belum berhenti sampai di tsunami Selat Sunda. Pasalnya baru saja, Bekasi mengalami kelongsoran (1/1/2018). Walau tak memakan korban jiwa, fenomena ini mengegerkan masyarakat sekitar, khususnya warga yang tinggal di lokasi yang berada di perumahan Kemang Pratama, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Fenomena ini terjadi karena tarikan tanggul Kali Bekasi yang hampir ambruk ke tengah kali. Melansir dari laman resmi pemerintah Kota Bekasi, bekasikota.go.id (4/1/2019), kejadian ini bermula saat ada warga yang melintas dan melihat jika posisi tanggul bergeser sehingga tanah terbenah dua dan membuat celah antara tanah dan tanggul pembatas. Kelongsoran tanggul ini membuka tanah sekitar satu meter dengan dalam dua meter.

[Baca Juga: 2 Kelurahan Depok Peduli Bencana Tsunami Selat Sunda]

Melansir dari metro.tempo.co, kemiringan tanggul ini disebabkan oleh erosi tanah yang mencapai 70 meter. Sebelumnya sudah ada 130 meter tanggul yang miring, sedangkan 100 meter sisanya tinggal menunggu waktu untuk ambruk.

Hal ini sangat mengkhawatirkan karena lokasi longsor sangat dekat dengan jalan utama. Mendengar hal ini Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyanto pergi meninjau lokasi tanggul yang longsor (2/1/2019). Beliau hadir didampingi Kepala Bidang Perencanaan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dicky Irawan dan Kepala Bidang Sumber Daya Air, Yudianto berkat laporan warga Kemang Pratama, Haeri Parani.

Tanggul Kali Bekasi Jebol

Masalah longsornya tanggul Kali Bekasi ini diakui Tri Adhianto sudah ditangani oleh Dinas Marga dan Sumber Daya Air. Bahkan ia juga meminta untuk pihak terkait memantau area bantaran Kali Bekasi yang rawan terjadi hal serupa, seperti Keluarahan Bojong Rawalumbu, Bojong Menteng, Sepanjang Jaya, Marga Jaya, dan Margahayu.

[Baca Juga: Kota Bekasi Punya Program Layanan Masyarakat Berbasis Aplikasi. Sudah Tahu?]

Bukan hanya itu, kedua pihak tersebut juga diminta untuk memperhatikan jalanan yang rusak, berlubang, pohon tua yang rawan tumbang, selama musim hujan dan angin kencang masih sering terjadi.

“Alhamdulilah hari ini sudah ditangani supaya tidak meluas dan memperparah kerusakan,” ujar Tri Adhianto. Akibat kejadian ini para aparat terkait meminta warga untuk tetap siaga, selain longsornya tanggul Kali Bekasi, dikhawatirkan pula banjir, hujan deras, dan angin puting beliung melanda Kota Bekasi berdasarkan prediksi cuaca yang dibagikan oleh Badan Meteorologi, Klimitologi, dan Geofisika (BMKG).

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kasus Obesitas Bisa Ditangani dengan Bedah Bariatrik

Kesehatan

Kasus Obesitas Bisa Ditangani dengan Bedah Bariatrik

21 March 2019, 18:00  |  8 Views

Tindakan bedah bariatrik ini dapat dilakukan apabila pasien sudah dikategorikan sebagai obesitas morbid dan memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang tinggi.

Juara Futsal Kecamatan Pasar Minggu Siap Tampil di FORST Tingkat Kota

Berita Kawasan

Juara Futsal, Pasar Minggu Siap Tampil di FORST Tingkat Kota

21 March 2019, 12:00  |  15 Views

Tiga kelurahan di Pasar Minggu menjadi juara dalam kategori futsal dari usia yang berbeda dan mereka siap tampil di FORST Tingkat Kota.

ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Bisnis

ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

21 March 2019, 17:00  |  4 Views

Keterbatasan bukanlah menjadi pembatas. Hal itulah yang menjadi semangat ThisAble Enterprise untuk terus berdayakan ekonomi disabilitas.

Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia

Pendidikan

Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia

21 March 2019, 14:00  |  16 Views

Kini seluruh pelajar di Indonesia bisa berkreativitas di mading yang telah memiliki platform madingsekolah.id yang bisa dibaca dan diunggah dimana pun dan kapan pun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads