Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Razia Warnet

Berita Kawasan

Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Merazia Warnet

Virus Corona jenis baru atau SAR-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 dengan gejala umum antara lain batuk kering, demam, dan gangguan pernafasan, semakin menyebar luas di Indonesia. Tercatat per 20 Maret sudah ada 369 orang berstatus pasien positif di Indonesia, 25 di antaranya dinyatakan meninggal. Pembatasan sosial atau social distancing adalah salah satu kebijakan yang diambil pemerintah untuk menekan angka penyebaran pandemik COVID-19.

Di Kota Depok, berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (20/3/2020), tercatat enam kasus positif dengan tiga orang sembuh. Maka dari itu, Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok mengeluarkan imbauan yang mengatur pelaksanaan ibadah berjamaah di Kota Depok, sebagaimana dilansir depok.go.id (20/3/2020).

Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Razia Warnet

Bernomor 8.02/02/BT/2020, imbauan yang berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) SK Wali Kota Depok Nomor 360/137/Kpts/DPKP/Huk/2020, tanggal 18 Maret 2020 Tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Depok.

[Baca Juga: Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok]

Dan juga berlandaskan pada Surat Edaran Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat tanggal 18 Maret 2020 Tentang Protokol Pelaksanaan Solat Jumat/berjamaah untuk mencegah penyebaran kondisi COVID-19 di masjid di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, mengimbau:

  1. Menghimbau kepada seluruh umat beragama di Kota Depok untuk tidak melaksanakan ibadah di tempat ibadah yang melibatkan banyak orang dan menggantinya dengan ibadah di rumah masing-masing.
  2. Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melaksanakan perayaan atau kegiatan keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan banyak orang.
  3. Imbauan ini berlaku mulai tanggal 20 Maret s.d 4 April 2020 dan akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan situasi di Kota Depok.

Selain imbauan itu, Pemkot Depok melakukan pemantauan secara rutin kepada para warganya, terutama dari kalangan pelajar. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok melakukan monitoring untuk memantau masyarakat agar mematuhi Surat Edaran (SE) Wali Kota Depok Nomor: 443/132-Huk/Dinkes tentang Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19) di Kota Depok. Monitoring tersebut dilakukan ke 11 kecamatan.

[Baca Juga: Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Benar]

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny menjelaskan, dalam SE tersebut dijelaskan seluruh sekolah TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA di Kota Depok untuk meliburkan anak sekolah dan mengganti dengan belajar di rumah. Maka, Satpol PP monitoring ke seluruh wilayah dan sejumlah lokasi keramaian dan warnet di Depok. "Kami lakukan pemantauan, dan ditemukan pelajar berada di keramaian dan warnet," tuturnya

Untuk itu, ucap Lienda, pihaknya memberikan imbauan kepada mereka untuk kembali ke rumah. Pasalnya, pelajar diberikan libur tidak untuk keluar rumah atau jalan-jalan, melainkan untuk belajar di rumah. "Kami arahkan untuk pulang dan belajar di rumah sebagai pencegahan Virus Corona," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 10 months lalu
    rine

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Suki 2 years, 10 months lalu
    suki

    Bola165 ,org game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...