Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Razia Warnet

Berita Kawasan

Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Merazia Warnet

Virus Corona jenis baru atau SAR-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 dengan gejala umum antara lain batuk kering, demam, dan gangguan pernafasan, semakin menyebar luas di Indonesia. Tercatat per 20 Maret sudah ada 369 orang berstatus pasien positif di Indonesia, 25 di antaranya dinyatakan meninggal. Pembatasan sosial atau social distancing adalah salah satu kebijakan yang diambil pemerintah untuk menekan angka penyebaran pandemik COVID-19.

Di Kota Depok, berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (20/3/2020), tercatat enam kasus positif dengan tiga orang sembuh. Maka dari itu, Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok mengeluarkan imbauan yang mengatur pelaksanaan ibadah berjamaah di Kota Depok, sebagaimana dilansir depok.go.id (20/3/2020).

Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Razia Warnet

Bernomor 8.02/02/BT/2020, imbauan yang berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) SK Wali Kota Depok Nomor 360/137/Kpts/DPKP/Huk/2020, tanggal 18 Maret 2020 Tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Depok.

[Baca Juga: Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok]

Dan juga berlandaskan pada Surat Edaran Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat tanggal 18 Maret 2020 Tentang Protokol Pelaksanaan Solat Jumat/berjamaah untuk mencegah penyebaran kondisi COVID-19 di masjid di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, mengimbau:

  1. Menghimbau kepada seluruh umat beragama di Kota Depok untuk tidak melaksanakan ibadah di tempat ibadah yang melibatkan banyak orang dan menggantinya dengan ibadah di rumah masing-masing.
  2. Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melaksanakan perayaan atau kegiatan keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan banyak orang.
  3. Imbauan ini berlaku mulai tanggal 20 Maret s.d 4 April 2020 dan akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan situasi di Kota Depok.

Selain imbauan itu, Pemkot Depok melakukan pemantauan secara rutin kepada para warganya, terutama dari kalangan pelajar. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok melakukan monitoring untuk memantau masyarakat agar mematuhi Surat Edaran (SE) Wali Kota Depok Nomor: 443/132-Huk/Dinkes tentang Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19) di Kota Depok. Monitoring tersebut dilakukan ke 11 kecamatan.

[Baca Juga: Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Benar]

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny menjelaskan, dalam SE tersebut dijelaskan seluruh sekolah TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA di Kota Depok untuk meliburkan anak sekolah dan mengganti dengan belajar di rumah. Maka, Satpol PP monitoring ke seluruh wilayah dan sejumlah lokasi keramaian dan warnet di Depok. "Kami lakukan pemantauan, dan ditemukan pelajar berada di keramaian dan warnet," tuturnya

Untuk itu, ucap Lienda, pihaknya memberikan imbauan kepada mereka untuk kembali ke rumah. Pasalnya, pelajar diberikan libur tidak untuk keluar rumah atau jalan-jalan, melainkan untuk belajar di rumah. "Kami arahkan untuk pulang dan belajar di rumah sebagai pencegahan Virus Corona," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 4 months lalu
    rine

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    Bola165 ,org game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...