Pandemi Influenza 1918 Bukti Social Distancing Tekan Sebaran Virus

Kesehatan

Tanpa Demam, Gejala Sepele Ini Bisa Jadi Tahap Awal Tertular COVID-19

Jumlah penderita COVID-19 di DKI Jakarta semakin hari semakin bertambah. Lewat data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per tanggal 20 Maret 2020, sudah ada 369 kasus positif COVID-19 dengan jumlah korban meninggal sebanyak 32 orang di Indonesia.

Hal ini tentunya membuat keresahan di masyarakat. Apalagi penyebaran penyakit tersebut sangat cepat dan tidak mudah terdeteksi dalam waktu singkat.

Pada umumnya seperti yang kita tahu, demam menjadi deteksi tahap awal apakah seseorang mengalami COVID-19. Namun di berbagai kasus, ternyata banyak juga pasien positif COVID-19 yang tidak mengalami gejala demam sebelumnya.

[Baca Juga: Bagaimana Pengobatan yang Diterima oleh Pasien COVID-19?]

Seperti kesaksian seorang pasien COVID-19 bernama Charlie Garratt asal Inggris yang dilansir dari lancashiretelegraph.co.uk. Dalam laman facebooknya, Charlie menceritakan awal mula dirinya terkena COVID-19. Hal itu dimulai dari tenggorokannya yang merasa sakit, suara yang berubah menjadi serak, hingga sakit kepala 'aneh'.

Beberapa orang di lingkungannya pun tulis Charlie, juga merasakan hal serupa disertai dengan sakit perut dan kemudian berubah menjadi sedikit sesak napas sebelum akhirnya menjadi demam.

Tak hanya itu, ada pula beberapa temannya yang mengalami konjungtivitis atau mata merah akibat peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata dalam.

Pemprov DKI Akan Lakukan Pemeriksaan Suhu di CFD

Setelah didiagnosis menderita COVID-19, Charlie pun kemudian mengkarantina diri sendiri serta lebih banyak istirahat di rumah hingga kondisinya membaik dalam seminggu kemudian.

Tidak hanya Charlie, Walikota Bogor, Bima Arya yang baru-baru ini dinyatakan positif COVID-19 mengaku tidak merasakan gejala demam sebelumnya. Lewat video yang diunggah di akun media sosialnya, Bima hanya merasakan gejala batuk ringan seusai kunjungan kerjanya ke Turki beberapa waktu yang lalu.

Selain tanda yang dialami oleh Charlie dan Bima Arya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa beberapa pasien juga merasakan gejala diare, nyeri tulang, pilek, dan hidung tersumbat.

[Baca Juga: Hampir Sama! Ini Perbedaan Flu dengan COVID-19 yang Perlu Anda Tahu]

Beberapa gejalanya mungkin terlihat sepele dan biasa saja. Namun jika tidak segera ditangani dapat berakibat sangat fatal seiring berjalannya waktu. Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah menerapkan pola hidup bersih serta rajin mengonsumsi multivitamin dan buah-buahan guna meningkatkan imun tubuh. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan pengecekan ke dokter agar gejalanya tidak semakin parah.

Sistem tes COVID-19 di Indonesia lebih diutamakan untuk Orang dalam Pemantauan dan Pasien dalam Pengawasan. Maka jika Anda tidak memiliki gejala, riwayat bepergian ke negara terjangkit, serta berhubungan langsung dengan pasien positif, kemungkinan besar Anda tidak akan bisa menjalani tes swab untuk memastikan positif atau tidak.

Dengan demikian, meskipun Anda sehat, dan terus menjaga imunitas tubuh, social distancing atau pembatasan sosial sangat krusial untuk mencegah penyebaran virus lebih luas. Sehat belum tentu Anda tidak membawa virus tersebut dan tetap berisiko menularkannya ke orang lain.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>