Tanpa Pemanas Ruangan, Ini 3 Cara Agar Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

Properti dan Solusi

Tanpa Pemanas Ruang, Ini 3 Cara Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

Musim hujan yang melanda Jakarta akhir-akhir ini membuat suhu udara di Ibu Kota menjadi lebih dingin. Bagi yang tidak terbiasa dengan suhu udara dingin tentunya ini bisa menjadi masalah. Lain halnya jika Anda memiliki pemanas ruangan, tentu masalah tersebut mudah diatasi. Lalu bagaimana untuk yang tidak memiliki pemanas ruangan?

Tenang saja, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan sekitar tetap hangat meskipun di luar sedang hujan lebat. Nah untuk tau bagaimana caranya agar rumah yang kita tinggali tetap hangat di cuaca yang dingin, berikut tips-tips nya.

[Baca Juga: Begini Cara Waspadai Serbuan Ular Pada Musim Hujan]

Langkah Proteksi Rumah Menghadapi Musim Hujan

1) Tutup Celah Pintu dan Ventilasi

Agar rumah yang menjadi hangat dan nyaman untuk Anda tinggali saat musim hujan tiba, perlu beberapa cara untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan menutup celah di sekitar pintu dan jendela. Untuk itu, cobalah Anda mengecek bagian sekitar kusen dan juga di bawah pintu. Jika menemukan beberapa celah, segeralah untuk menutupnya dengan menggunakan weather strip.

Anda juga bisa juga menutup celah tersebut dengan memakai door sweep alias penutup bagian bawah pintu yang biasanya terbuat dari aluminium serta karet. Gunakan cara seperti itu juga pada jendela yang terlihat memiliki celah dan juga ventilasi agar udara dingin tidak masuk.

Tanpa Pemanas Ruangan, Ini 3 Cara Agar Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

2) Gunakan Perlengkapan Rumah Berbahan Tekstil

Beberapa benda berbahan tekstil cukup efektif untuk menghangatkan rumah. Contohnya seperti selimut, permadani, karpet, dan tirai yang terbukti dapat membuat ruangan menjadi lebih hangat. Cobalah untuk menggunakan karpet besar di ruang tamu untuk meredam dinginnya lantai rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggantungkan memasang tirai yang lebih tebal untuk menjaga agar udara dingin dari luar tidak masuk ke dalam rumah. Kemudian, hangatkan tubuh dengan selimut katun.

Tanpa Pemanas Ruangan, Ini 3 Cara Agar Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan Lilin

3) Nyalakan Lampu dan Lilin

Tidak perlu menunggu mati lampu untuk menyalakan lilin. Bahkan saat udara dingin, lilin juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan suhu ruangan. Untuk membantu menghangatkan ruangan, Anda juga bisa menyalakan lampu rumah. Seperti diketahui, sebuah lampu pijar rata-rata akan melepaskan sekitar 95 persen energi panas ke sekitar ruangan.

[Baca Juga: Trik Membersihkan Rumah Bagi Penderita Alergi]

Dengan menerapkan tiga cara di atas, rumah Anda akan menjadi lebih hangat, meskipun kondisi cuaca di luar sedang hujan lebat. Silakan dicoba, Pointers!

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

Kuliner

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

09 April 2020, 17:00

Food For The Heroes merupakan program Bakmitopia untuk mendukung mereka yang berada di garda depan penanganan pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.