Tanpa Pemanas Ruangan, Ini 3 Cara Agar Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

Properti dan Solusi

Tanpa Pemanas Ruang, Ini 3 Cara Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

Musim hujan yang melanda Jakarta akhir-akhir ini membuat suhu udara di Ibu Kota menjadi lebih dingin. Bagi yang tidak terbiasa dengan suhu udara dingin tentunya ini bisa menjadi masalah. Lain halnya jika Anda memiliki pemanas ruangan, tentu masalah tersebut mudah diatasi. Lalu bagaimana untuk yang tidak memiliki pemanas ruangan?

Tenang saja, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan sekitar tetap hangat meskipun di luar sedang hujan lebat. Nah untuk tau bagaimana caranya agar rumah yang kita tinggali tetap hangat di cuaca yang dingin, berikut tips-tips nya.

[Baca Juga: Begini Cara Waspadai Serbuan Ular Pada Musim Hujan]

Langkah Proteksi Rumah Menghadapi Musim Hujan

1) Tutup Celah Pintu dan Ventilasi

Agar rumah yang menjadi hangat dan nyaman untuk Anda tinggali saat musim hujan tiba, perlu beberapa cara untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan menutup celah di sekitar pintu dan jendela. Untuk itu, cobalah Anda mengecek bagian sekitar kusen dan juga di bawah pintu. Jika menemukan beberapa celah, segeralah untuk menutupnya dengan menggunakan weather strip.

Anda juga bisa juga menutup celah tersebut dengan memakai door sweep alias penutup bagian bawah pintu yang biasanya terbuat dari aluminium serta karet. Gunakan cara seperti itu juga pada jendela yang terlihat memiliki celah dan juga ventilasi agar udara dingin tidak masuk.

Tanpa Pemanas Ruangan, Ini 3 Cara Agar Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

2) Gunakan Perlengkapan Rumah Berbahan Tekstil

Beberapa benda berbahan tekstil cukup efektif untuk menghangatkan rumah. Contohnya seperti selimut, permadani, karpet, dan tirai yang terbukti dapat membuat ruangan menjadi lebih hangat. Cobalah untuk menggunakan karpet besar di ruang tamu untuk meredam dinginnya lantai rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggantungkan memasang tirai yang lebih tebal untuk menjaga agar udara dingin dari luar tidak masuk ke dalam rumah. Kemudian, hangatkan tubuh dengan selimut katun.

Tanpa Pemanas Ruangan, Ini 3 Cara Agar Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan Lilin

3) Nyalakan Lampu dan Lilin

Tidak perlu menunggu mati lampu untuk menyalakan lilin. Bahkan saat udara dingin, lilin juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan suhu ruangan. Untuk membantu menghangatkan ruangan, Anda juga bisa menyalakan lampu rumah. Seperti diketahui, sebuah lampu pijar rata-rata akan melepaskan sekitar 95 persen energi panas ke sekitar ruangan.

[Baca Juga: Trik Membersihkan Rumah Bagi Penderita Alergi]

Dengan menerapkan tiga cara di atas, rumah Anda akan menjadi lebih hangat, meskipun kondisi cuaca di luar sedang hujan lebat. Silakan dicoba, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.