Langen Beksan.jpg

Hobi dan Hiburan

Tari Langen Beksan untuk Keberkahan, Budaya Masyarakat Giripurno

Dengan kekayaan budaya di Indonesia, sebuah penyampaian rasa kebahagiaan pun bermacam-macam jika dipandang dalam nilai tradisi. Hal itu misalnya tercermin dalam Tari Langen Beksan yang seringkali dilakukan masyarakat Desa Giripurno, Kota Batu, ketika menyambut sebuah keberkahan. Dalam hal ini keberkahan bisa memiliki banyak arti, misalnya panen sayur yang berlimpah, akan adanya hajatan seperti pernikahan, khitanan, dan atau syukuran lainnya. Akhir-akhir ini bahkan beberapa orang tua merayakan ulang tahun anaknya dengan Tari Langen Beksan.

Tari Langen Beksan dilakukan dengan tidak menuntut penarinya harus memakai kostum gemerlap dan dirias. Hanya cukup 1 sampai 3 penari saja yang ditunjuk untuk memakai kostum dan dirias. Penari-penari yang dipilih ini adalah orang paling lihai dan gemulai dalam menari di Desa Giripurno. Dipilihnya mereka adalah sebagai koordinator gerakan tari yang nantinya bisa diikuti masyarakat secara umum.

[Baca Juga: Dongeng Aku dan Kau Kontribusi Pelestarian Budaya]

Ketika lagu dimulai dan koordinator tarian sudah menghentak-hentakkan kakinya, masyarakat akan mulai menata barisan sambil mengenakan sampur di lehernya. Layaknya sebuah flashmob, masyarakat yang ikut menari membuat barisan rapi seperti pasukan perang. Bedanya, barisan rapi ini adalah simbol guyup rukun yang mengikuti alunan musik dan gerak Tari Bekdan.

Langen Beksan 2.jpg

Makna guyup rukun bagi para pekebun adalah ketika memanen, menanam, dan memupuk ladang perkebunan. Terkadang satu pekebun dengan yang lainnya saling memberi saran, bahkan membantu proses penanaman di kebun milik kawan sejawatnya. Berkah dari perkebunan melimpah ini dirayakan dengan Tari Beksan dan kegiatan membagi hasil panen kepada siapa saja yang hadir dalam perayaan.

[Baca Juga: Silat Cingkrik, Layaknya Tarian Namun Mematikan]

"Di Giripurno ini saya dan anak saya sudah menjadi koordinator tarian di lapangan. Biasanya 3-4 bulan sekali kegiatan seperti ini dilakukan, tergantung jenis sayur apa yang sedang panen," terang Ita, koordinator Tari Beksam di Desa Giripurno.

"Sebagai penikmat dan pegiat seni pertunjukan, Tari Beksan di Giripurno ini sudah menjadi refleksi imajinatif bagi saya untuk bagaimana saya nantinya membuat pertunjukan. Utamanya, ketika melihat antusiasme masyarakat yang ikut menari meskipin bukan acaranya dan tidak ada aturan harus acara apa, yang penting guyup rukunnya dapet," terang Anggi, praktisi seni tari di Kota Batu.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.