Tari Topeng  Khas Bekasi Unjuk Gigi di Pesona Nusa Dua Fiesta 2019

Berita Kawasan

Tari Topeng Khas Bekasi Unjuk Gigi di Pesona Nusa Dua Fiesta 2019

Bekasi merupakan kota penyangga Jakarta yang memiliki budaya dan karakteristik berbeda dengan ibukota. Namun sayangnya, belum banyak yang tau jika Bekasi memiliki budayanya sendiri. Salah satunya adalah tarian tradisional yang bernama Tari Topeng Bekasi. Pemerintah kota mengupayakan budaya Bekasi lebih dikenal masyarakat luas. Salah satu caranya dengan menampilkan tarian di acara-acara kebudayaan nasional atau pun internasional.

Baru-baru ini, Tari Topeng Tritangtu Bekasi ikut serta pada pagelaran Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 dengan mengusung tema Coloring The Beauty of Bali di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali pada 26 Oktober lalu. Tarian ini diwakili Sanggar Indra Kusuma. Pimpinan Sanggar Indra Kusuma Deviana Nur mengatakan, sanggarnya diminta panitia acara untuk menyuguhkan kesenian budaya lokal Tari Topeng Bekasi. Melansir dari bekasikota.go.id (30/10/2019), Devina membawa rombongan penari Bekasi berjumlah 21 orang ditambah 12 orang penata pentas.

Tari Topeng  Khas Bekasi Unjuk Gigi di Pesona Nusa Dua Fiesta 2019

"Pada hari ke-2 penyelenggaraan Pesona NDF 2019, Tari Topeng Bekasi kami tampil di Bali. Ada pula budaya lokal lain Tari Mapolana Sulawesi Barat dan lainnya. Kami bangga bisa tampil disini dan membawa nama Kota Bekasi," ucap Deviana.

Tari Topeng sendiri merupakan tarian yang menceritakan kisah Ramayana dan cerita Panji yang sudah berkembang ratusan tahun lalu. Kisah ini menjadi inspirasi utama dalam menciptakan kesenian topeng di Jawa khususnya Jawa Barat.

[Baca Juga: Topeng Blantek, Warisan Budaya Betawi Sejak Abad 19]

Pertunjukan lainnya untuk memeriahkan Pesona NDF 2019 berupa live music dari berbagai musisi lokal Bali, Parade Ngelawang, serta berbagai kompetisi yang terbuka untuk publik diantaranya: Make Up Challenge dengan penjurian online, Kids Station, dan Cooking Competition.

“Kami harapkan event tahunan ini dapat menjadi atraksi tambahan bagi para wisatawan yang berkunjung ke The Nusa Dua, baik untuk tujuan MICE maupun leisure, sehingga dapat memperpanjang length of stay, yang secara tidak langsung akan mendukung peningkatan jumlah devisa dari sektor Pariwisata,” ujar Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC Ngurah Wirawan masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Aktivis Budaya Menelisik Sastra Khas Bekasi]

Pesona NDF 2019 sendiri merupakan acara yang digelar pada tanggal 25-27 Oktober 2019 untuk menarik minat wisatawan milenial dan pecinta musik tanah air. Sebagai sebuah event tahunan, Pesona NDF telah masuk ke dalam 100 event Calendar of Events Kementerian Pariwisata.

Read More

Artikel Lainnya

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

13 August 2020, 16:00

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN.

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan.jpg

Berita Kawasan

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan

13 August 2020, 14:00

Walau status zona merah COVID-19 sudah hilang dari Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya pastikan tidak akan melonggarkan protokol kesehatannya demi mempertahankan kondisi zona oranye.

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM .jpg

Bisnis

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM

13 August 2020, 12:00

Demi memastikan mutu dagangannya, puluhan jamu gendong di Kota Gudeg menerima sertifikat dari BPOM.


Comments


Please Login to leave a comment.