Taruna Liar IG

Hobi dan Hiburan

Taruna Liar, Wadah Belajar Audio Visual di Jawa Tengah

Apa yang ada dibayangan anda dengan kata Taruna?Apakah sejenis pemuda yang belajar tentang militer? Jawabannya bukan. Menurut laman instagram @tarunaliar, Taruna Liar adalah sebuah komunitas yang bertujuan sebagai wadah untuk mempelajari audio visual, film making dan content creation melalui workshop, mentoring serta pembuatan langsung karya audio visual untuk mendukung pemuda dan pemudi di Jawa Tengah.

Pingpoint.co.id berkesempatan mengikuti live instagramnya yang berlangsung selama dua hari, 17-18 Maret 2021 yang dibawakan oleh Cardinal sebagai Host. Adalah Sure Pictures, sebuah production house di Semarang yang memprakarsai berdirinya Taruna Liar. Indra selaku marketing Sure Pictures memiliki harapan besar agar seseorang yang tertarik di dunia audio visual bisa membuat karya tanpa harus memikirkan biaya, karena selama ini mereka kesulitan mencari pemuda yang memiliki visi dan arah tujuan yang sama yaitu mengembangkan audio visual menjadi lebih baik. Disamping tujuan lainnya yaitu untuk menambah pertemanan dan silaturahmi antar sesama pecinta audio visual.

Taruna Liar live IG

Indra mengatakan bahwa industri Audio Visual di Jawa Tengah khususnya Semarang memiliki ekosistem yang baik, namun sayangnya support systemnya masih kurang. Komunitas ini melihat bahwa banyak sekali pemuda yang tertarik dengan audio visual di Jawa Tengah, harapannya melalui Taruna Liar mereka yang bergabung didalamnya lama-kelamaan akan menjadi expert di bidangnya, mendapatkan talent baru dan menciptakan SDM yang berkualitas.

Sama halnya dengan Indra, Iyan selaku pendiri dari Sure Pictures memiliki harapan agar kedepannya makin banyak temen-teman yang memiliki passion yang sama dalam hal audio visual, karena audio visual adalah media atau sarana komunikasi untuk mempublish sesuatu agar bisa mengangkat cerita yang ada di lingkungan sekitar.

[Baca Juga: Video on the Spot Asah Kemampuan Komunitas Film Pendek Jakarta]

Ia menambahkan alasannya memilih Semarang sebagai kota permulaan adalah agar industri seperti ini tidak kalah dengan industri audio visual yang ada di Jakarta dan Yogya dengan karya yang bervariatif. “ Jika ingin punya karya, bermanfaat untuk sekitar, kerja dengan passion, ngga mau model duduk-duduk saja dan berjiwa liar, ayo bareng-bareng ikut taruna liar, supaya tidak kalah dengan kota sebelah, biar punya sesuatu untuk sekitar kita” pungkasnya.

Saat ini Taruna Liar sedang membuka pendaftaran untuk menjadi anggota yang nantinya akan belajar bersama-sama tentang materi Script writing, Cinematografi, Sound/audio, Editing, Acting for directing, Producing dan akan ada penjurusan sesuai kegemaran masing-masing peserta. Programnya meliputi 2 bulan workshop yang diadakan 2 kali seminggu , 1 bulan mentoring, 3 bulan magang. Di akhir program akan ada 1 final project. Bagi peserta dengan status pekerja, jangan khawatir karena jadwal bisa di adjust dan waktunya flexible. Nantinya seluruh kegiatan juga akan didampingi oleh mentor.

IG Taruna Liar

Cino Fajrin, seorang Content creator mengatakan bahwa audio visual sangat penting untuk mendukung pekerjaannya. Iapun mengajak para pemuda untuk bergabung menjadi Taruna Liar karena ilmu yang didapatkan nantinya sangat bermanfaat. “Buat teman-teman dimanapun kalian berada, yang tertarik di bidang audio visual, musik, fotografi saya harap bisa join di Taruna Liar. Karena ada orang berpengalaman disana yang bisa menambah ilmu tentang audio visual, menambah teman, sharing bareng, berbagi pengalamn. Ini adalah imu yang tidak ada di pendidikan umum tapi sangat bermanfaat di jaman sekarang” ungkapnya.

Jika kalian pemuda-pemudi Semarang dan sekitarnya yang berminat untuk bergabung dengan Taruna Liar, silahkan cek persyaratan dan cara joinnya melalui instagram @tarunaliar. Pendaftaran ditutup paling lambat 30 Maret 2021 . Kapan lagi belajar Audio Visual gratis. Jadi, jangan sampai terlambat ya!


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.