Tegas! Pemkot Surabaya Segel Warung-Warung di Wana Wisata Jurang Kuping.jpg

Bisnis

Tegas! Pemkot Surabaya Segel Warung-Warung di Wana Wisata Jurang Kuping

Wana wisata Jurang Kuping yang berada di Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya bisa dikatakan tidak sama di era kejayaannya pada tahun 1980 hingga 1990an. Di mana lokasi ini dulu kerap dipilih sebagai tempat kegiatan perkemahan atau warga yang datang untuk menikmati alamnya sekaligus memancing tapi sayangnya keadaan ini sudah berubah. Pasalnya, wana wisata Jurang Kuping beberapa waktu terakhir dihiasi oleh warung-warung yang menjadi tempat karaoke, penjualan minuman keras, hingga disinyalir jasa prostitusi. Bahkan akibat warung yang terus beroperasi di masa pandemi COVID-19 dan kerap melanggar protokol kesehatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun akhirnya mengambil langkah tegas terhadap lokasi wisata ini.

Langkah tegas dari pihak Pemkot Surabaya sebenarnya sudah mulai terlihat sejak pekan kemarin dengan Kecamatan Pakal yang sering melakukan sosialisasi protokol kesehatan ke warung-warung yang membuka usaha di Jurang Kuping. Apalagi ditemukan fakta bahwa tempat-tempat usaha tersebut membuka usahanya ketika petugas sedang tak ada di lokasi dan ketika datang, pemilik warung langsung menutup usahanya.

Tegas! Pemkot Surabaya Segel Warung-Warung di Wana Wisata Jurang K uping.jpg

“Padahal sudah kita berikan edaran pada saat PSBB dan PPKM untuk tidak ada jualan minuman beralkohol, karaoke, dan wanita pendamping,” ujar Camat Pakal Tranggono, sebagaimana dikutip dari news.detik.com (12/2/2021).

Pemkot Surabaya pun turut langsung turun tangan sejak 13 Februari 2021 yang mengerahkan petugas untuk menempelkan poster kecil yang bertuliskan “Pelanggar Protokol Kesehatan” di warung-warung tersebut. Dengan penempelan ini maka Pemkot Surabaya secara resmi menyegel tempat usaha di wana wisata Jurang Kuping. Pihak Kecamatan Pakal juga tak mau kejadian “kucing-kucingan” dengan petugas kembali terjadi.

[Baca Juga: Satgas COVID-19 Kota Surabaya Mulai Mendata Sasaran Vaksinasi Kedua]

“Jadi mulai Sabtu, Minggu, dan hari ini Senin, kami terus melakukan pemantauan setiap hari. Hal ini untuk memastikan penutupan di Jurang Kuping sudah sesuai dengan SE (Surat Edaran) yang dikeluarkan oleh Forkopimka Kecamata Pakal yang pada intinya menghentikan aktivitas usaha di sana selama masa pandemi,” tutur Tranggono, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (15/2/2021).

Selama tiga hari sejak Sabtu pekan kemarin, menurut Tranggono, tak ada pengusaha yang nekat untuk membuka warungnya lagi. Namun, ia masih mendapati ada saja warga yang tetap datang ke lokasi tapi ketika melihat keberadaan petugas, mereka langsung meninggalkan Jurang Kuping. Walau begitu, pihak kecamatan tetap mengizinkan warga untuk beraktivitas selain mencari hiburan di sini seperti berangkat ke sawah, mencari rumput, atau akan membuang sampah ke TPS.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.