Tegaskan Penggunaan Masker, Pemkot Surabaya Gandeng Kecamatan dan Kelurahan.jpg

Berita Kawasan

Tegaskan Aturan Masker, Surabaya Kerahkan Petugas Hingga Tingkat Kelurahan

Pada akhir pekan lalu, jumlah kasus positif COVID-19 sudah mencapai angka 7.209 orang dengan setidaknya ada 3.122 pasien yang saat ini masih menjalani perawatan. Angka ini tentu saja membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tetap berusaha untuk menegakkan kebijakannya dalam menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus Corona itu. Di mana ini dilakukan dengan melibatkan semua pihak di kecamatan hingga kelurahan untuk menggelar Operasi Pakai Masker.

Penegasan penggunaan masker untuk semua warga Surabaya yang berada di luar rumah memang kerap digaungkan Pemkot Surabaya, khususnya oleh Wali Kota Tri Rismaharini. Dengan Wali Kota Risma yang kerap turun langsung ke berbagai wilayah di Kota Pahlawan untuk terus memberikan sosialisasi protokol kesehatan pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi COVID-19 di Kota Surabaya.

Tegaskan Penggunaan Masker, Pemkot Surabaya Gandeng Kecamatan dan Kelurahan .jpg

Sayangnya walau kerap digaungkan, masih saja ada warga Kota Surabaya yang melanggar Perwali tersebut. Oleh karena itulah gerakan masif dalam Operasi Pakai Masker di Kota Pahlawan pun dibutuhkan. Gerakan ini menargetkan pasar-pasar tradisional, kendaraan bermotor, warung-warung, tempat makan, tempat nongkrong, sampai wilayah pemukiman pun akan disisir pada operasi ini untuk memastikan semua orang yang di luar rumah menggunakan masker demi cegah penyebaran COVID-19.

Menurut Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto, Operasi Pakai Masker melibatkan jajaran kecamatan, kelurahan, Koramil, Polsek, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, toko masyarakat, sampai satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo.

[Baca Juga: Ribuan Peserta UTBK Kota Surabaya Ikuti Rapid Test COVID-19]

“Jadi ini pasti akan lebih masif gerakannya, apalagi nanti semua karyawan kecamatan dan kelurahan akan turun secara serentak,” ungkap Irvan, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (13/7/2020). Bahkan demi memastikan Operasi Pakai Masker berjalan sesuai target dari Pemkot Surabaya, pada Senin kemarin, rapat mengenai operasi ini digelar di Kantor Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas). Dalam rapat ini juga turut dibahas mekanisme gerakan masif tersebut.

Pada realisasinya dalam tahapan awal Operasi Pakai Masker ini, petugas akan disebar mulai hari ini (14 Juli 2020) sampai 16 Juli 2020. Dengan target utamanya adalah membagikan ribuan masker di area pemukiman warga, khususnya di wilayah yang memang ada kasus positif COVID-19. Kemudian nantinya juga akan ada blocking terhadap area yang termasuk zona merah. Dengan tujuan utama dari operasi ini adalah memastikan Perwali Nomor 28 Tahun 2020 benar-benar dijalankan warga demi terus memutus mata rantai penyebaran COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.