Tegaskan Kebijakan Kenakan Masker, Pemkot Medan Gelar Razia

Berita Kawasan

Tegaskan Kebijakan Kenakan Masker, Pemkot Medan Gelar Razia

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan hingga kini tak pernah lelah untuk terus menegaskan mengenai penggunaan masker bagi warganya yang keluar rumah. Hal ini dipandang penting dalam usaha untuk terus menekan penyebaran virus Corona penyebab penyakit COVID-19. Bahkan untuk semakin menegaskan kebijakan ini, Pemkot Medan juga menggelar razia ke sejumlah titik Kota Melayu Deli untuk melihat apakah kebijakan ini benar-benar dilaksanakan warganya. Di mana salah satu pelaksanaan razia tersebut baru-baru ini digelar di Pasar Sentosa.

Razia yang dilaksanakan pada 4 Mei 2020 ini langsung dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Ia bersama jajaran Pemkot Medan lainnya menyusuri pasar di kawasan Jalan Sentosa Baru. Menurut orang nomor satu di Kota Medan itu, razia ini penting dalam memastikan keselamatan para warganya dari ancaman COVID-19. Sekadar informasi, ini bukan kali pertamanya Akhyar memimpin razia penggunaan masker bahkan ia sempat viral setelah mengusir salah satu pedagang pasar yang ketahuan tak menggunakan masker.

Tegaskan Kebijakan Kenakan Masker, Pemkot Medan Gelar Razia

“Kewajiban memakai masker ini bukan untuk menyusahkan warga, namun demi keselamatan bersama. Memakai masker adalah upaya yang harus kita lakukan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19,” sebut Akhyar, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (4/5/2020).

Pada razia yang digelar di Pasar Sentosa kemarin, sayangnya masih saja ditemukan warga yang bandel dan tak mengenakan masker. Setidaknya ada sekitar 16 orang yang terjaring dan terdiri dari 14 pembeli serta dua pedagang yang membuka lapaknya di pasar. Demi menimbulkan efek jera, Pemkot Medan pun tak segan menjatuhkan sanksi kepada para pelanggar tersebut.

[Baca Juga: Sekaligus Cegah COVID-19, Tim Asmara Subuh Medan Bagikan Masker]

Para petugas Satpol PP Kota Medan yang menjaring belasan pelanggar itu langsung menyita KTP Elektronik mereka. “Setelah tiga hari, KTP yang ditahan ini baru bisa diambil di kantor Satpol PP,” ujar Akhyar.

Terkait sanksi yang diberikan itu sebenarnya sudah tertuang dalam Peraturan Wali Kota atau Perwal Medan No.11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Di sini sudah ada pembahasan bagaimana semua warga Kota Melayu Deli wajib untuk menggunakan masker jika memang berada di luar rumah, khususnya di tempat umum. Bila melanggar kebijakan ini maka warga harus siap diberikan sanksi dengan salah satunya adalah kartu identitas yang ditahan sementara waktu.

“Kami menyadari menggunakan masker itu memang tidak nyaman. Tetapi ketidaknyamanan ini menyelamatkan kita. Ayo semua warga Medan atau siapapun yang berada di wilayah Medan, gunakan masker untuk keselamatan kita bersama tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.