Tegaskan PSBB, Pemkot Jakarta Utara Siap Tindak Pengusaha dan Ojol

Berita Kawasan

Tegaskan PSBB, Pemkot Jakarta Utara Siap Tindak Pengusaha dan Ojol

Pada pekan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menunjukkan keseriusannya dalam menekan penyebaran COVID-19 dengan menegaskan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta. Hal ini terlihat ketika Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memutuskan untuk menutup tempat usaha serta para driver ojek online atau ojol yang dianggap telah melanggar PSBB.

Penutupan itu dilakukan pada 13 April 2020 dengan sekitar 108 tempat usaha yang ditutup oleh para petugas Satpol PP. Penutupan ini dilakukan karena pelaku usaha disebut sudah melanggar ketentuan Pergub No.33 Tahun 2020 Tentang PSBB, apalagi ini sudah menjadi kebijakan yang diterapkan untuk memutus mata rantai infeksi virus SARS-CoV-2 dan bukan hanya sekadar sosialisasi semata.

[Baca Juga: Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB]

“Kita sudah masuk ke dalam tahap penindakan. Namun demikian kita juga tetap mengedepankan sisi humanis dalam melakukan penindakan tersebut,” ungkap Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Majid, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (13/4/2020).

Penutupan ini dilakukan ketika Satpol PP bersama anggota TNI dan Polri untuk meninjau PSBB di area Jalan Kramat Jaya, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing.” Kami menemukan banyak sekali pelanggaran, baik penerapan penggunaan masker sampai dengan social atau physical distancing. Kami melakukan penutupan pada 108 tempat usaha elektronik dan furnitur. Memberikan imbauan pada 32 rumah makan untuk menggunakan sistem take away, 52 orang ditegur karena tidak menggunakan masker, juga melakukan peneguran terhadap angkutan umum yang tidak mengindahkan PSBB,” ujarnya.

Tegaskan PSBB, Pemkot Jakarta Utara Siap Tindak Pengusaha dan Ojol

Penyisiran untuk memastikan penegasan PSBB di Jakarta Utara pun kembali dilanjutkan pada 14 April 2020. Di mana para petugas gabungan bergerak di kawasan Jalan Budi Mulia, Jalan Gunung Sahari Raya, dan Jalan Mangga Dua Raya. Serupa dengan sehari sebelumnya, pelanggaran juga kembali ditemukan dan kali ini dilakukan oleh para driver ojol.

[Baca Juga: PSBB, Tiga Kelurahan Jakarta Utara Terima Puluhan Ribu Sembako]

Menurut Yusuf Majid, para driver ojol tersebut terlihat bergerombol dan tampak kurang memperhatikan faktor keselamatan. Padahal kegiatan seperti ini tak bisa dipungkiri bisa berpotensi memicu penyebaran COVID-19. Para driver ojol yang berkerumun di depan WTC Mangga Dua ini pun langsung dibubarkan.

Masih banyak yang berkumpul dan bergerombol pada masa PSBB ini. Mereka tidak menyadari Virus Corona bisa menyebar kapan dan di mana saja. Dengan apa yang dilakukannya pada kondisi saat ini, tentunya sangat berbahaya untuk dirinya sendiri, keluarga di rumah atau pun orang lain nantinya,” tambah Kepala Satpol PP Jakarta Utara itu (14/4/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.