Teh Kunyit Berkhasiat Turunkan Kolesterol

Kesehatan

Teh Kunyit Berkhasiat Turunkan Kolesterol

Kunyit adalah salah satu tanaman obat keluarga atau toga yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, kunyit juga bisa diolah menjadi teh yang berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat dari teh kunyit adalah menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Menurut penelitian yang dimuat dalam PubMed Cenreal Journal of Clinical Immunology, kunyit memiliki zat aktif kurkumin yang mampu meningkatkan sistem imun sehingga memengaruhi turunnya kadar LDL (kolesterol jahat). Tak hanya itu, kurkumin juga bersifat anti inflamasi. Sehingga, kunyit juga sangat baik untuk menjaga peredaran darah agar lancar dan menjaga pembuluh darah yang sehat sebagaimana dilansir fimela.com (5/1/2020).

[Baca Juga: 4 Masker Wajah yang Mengandung Kunyit]

Kandungan kurkumin pada kunyit terdapat di komponen warna kuningnya. Itulah yang berfungsi sebagai penetral kolesterol, sehingga kadarnya tidak melebihi batas normal. Menurunnya kadar kolesterol dalam tubuh, juga berdampak positif pada jantung. Sehingga, kecil kemungkinan penyakit jantung atau serangan stroke menyerang bila Anda rajin menyeduh teh kunyit di rumah. Apalagi di musim hujan ini, teh kunyit akan menjadi minuman hangat yang cocok untuk dinikmati.

Teh Kunyit Berkhasiat Turunkan Kolesterol

Cara Membuat Teh Kunyit

Nah, bagi yang belum pernah menyeduh teh kunyit dan ingin mencicipinya, Anda bisa menyiapkan teh dengan bubuk kunyit. Anda bisa membelinya dari pasar atau memarut dan menumbuk kunyit di rumah. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

  • 1 cangkir santan
  • 1 cangkir air
  • 1 sdm ghee (minyak samin)
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt bubuk kunyit

Cara membuat:

  1. Masukkan santan dan air ke dalam panci, diamkan sampai mendidih selama sekitar tiga menit
  2. Tambahkan ghee (minyak samin), madu, dan bubuk kunyit
  3. Masak racikan teh kunyit selama dua menit
  4. Aduk dan tuangkan ke dalam gelas

[Baca Juga: 3 Khasiat Awet Muda Dengan Bahan Alami Kunyit]

Cukup mudah kan untuk membuat teh kunyit untuk menemani di kala hujan? Nah, resep di atas adalah untuk takaran dua cangkir teh kunyit. Anda juga bisa sesekali mencampurkan jahe ke dalam rebusan teh kunyit untuk menambah rasa hangat di dalamnya. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 1 month, 1 week lalu
    kelly

    Jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info Dan kamu hanya perlu bermain game untuk menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? Kunjungi situs nya sekarang juga.

  • Kelly 1 month, 1 week lalu
    kelly

    Cari pasangan idamanmu guys. Bagi yang mau tinggal join saja di Room Q ( https://shor.by/HXue )

  • Suki 1 month, 1 week lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…