Tekan Angka ODHA, Pemerintah Gelar Penyuluhan AIDS

Kesehatan

Tekan Angka ODHA, Pemerintah Gelar Penyuluhan AIDS

Sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari perwakilan kelurahan dan kecamatan, serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Jakarta Timur mengikuti Rapat Kerja program Penanggulangan AIDS Kota Administrasi Jakarta Timur di Ruang Rapat IV, Lantai II, Kantor Walikota Jakarta Timur pada Rabu. Kegiatan tersebut diinisasi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Para peserta mendapatkan penyuluhan dari sejumlah narasumber untuk mengetahui data warga Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) hingga cara penanganannya.

Tekan Angka ODHA, Pemerintah Gelar Penyuluhan AIDS

Melansir laman timur.jakarta.go.id (19/09/2019). Rapat Kerja Program Penanggulangan AIDS di Kota Administrasi Jakarta Timur dibuka Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi. Turut hadir, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Jakarta Timur John Alubwaman dan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta Asep Syarifuddin.

Dan juga, Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur Hartati dan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Indra Setiawan dalam kegiatan tersebut.

[Baca Juga: Indonesia Tiga Besar Penyebaran HIV]

Usmayadi ikut prihatin setelah mengetahui jumlah ODHA yang ada di Jakarta Timur mencapai 13.700 orang. Bahkan, dari angka tersebut baru 3.300 ODHA yang patuh berobat, sementara sisanya belum. “Makanya saya minta kepada lurah dan camat untuk mendeteksi, di mana saja kantong-kantong warga yang terkena HIV,” ujar Usmayadi.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta Asep Syarifuddin menjelaskan mengenai fast track 90-90-90 yang harus diselesaikan pada setiap wilayah. Fast track 90-90-90 berupa penanganan cepat kepada 90 persen mereka yang terinfeksi menyadari statusnya, 90 persen orang dengan status HIV bisa mendapatkan akses layanan dan pengobatan dan 90 persen ODHA mendapatkan pengobatan dan dukungan terapi ARV (anti retro viral). “Saya bangga wilayah Kota Jakarta Timur, camat, dan lurahnya diikutsertakan. Tadi pak Sekko mengatakan setiap camat dan lurah, mereka harus tahu persis berapa warganya yang terkena HIV/AIDS, dengan begitu mereka punya tanggung jawab,” ujar Asep.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Targetkan 2020 HIV Dieliminasi Sepenuhnya]

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Indra Setiawan menyebutkan, estimasi penemuan ODHA di Jakarta Timur mencapai 20.000 penderita tapi hingga saat ini baru ditemukan 13.700 penderita, dengan 3.000 di antaranya sudah mendapatkan terapi ARV. Sedangkan sisanya, 10.000 masih ditelusuri. “Di tahun 2030, diharapkan kita ada tiga zero. Pertama, tidak adanya kasus baru, kedua, tidak adanya kasus kematian karena HIV/AIDS, dan ketiga, kita menghilangkan stigma atau diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA),” ujar Indra.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Jakarta Timur John Alubwaman menambahkan, keterlibatan camat, lurah dan SKPD dalam progam penanggulangan AIDS ini dapat menjadi jembatan untuk dilanjutkan ke masyarakat.

Ia pun beraharap agar ke depannya Sudis Kesehatan Jakarta Timur untuk memberikan penanganan prioritas kepada warga Jakarta Timur terlebih dahulu. Salah satunya dengan pendataan melalui NIK, ketimbang penderita rujukan wilayah lain. “Pelayanan HIV/AIDS itu gratis kok. Ada di atas 40 puskesmas kok di Jakarta Timur yang bisa melayani, mulai dari pemeriksaan dan terapi ARV, enggak diminta sepeserpun,” ujar John.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.