Tekan Laju Kasus, Risma Terbitkan Protokol Penanganan COVID-19

Berita Kawasan

Tekan Laju Kasus, Risma Terbitkan Protokol Penanganan COVID-19

Tingginya penyebaran COVID-19, memaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengambil langkah cepat. Terkait itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengeluarkan surat edaran (SE) tentang protokol pengendalian mobilitas penduduk yang dikirimkan kepada Ketua RT, pengelola apartemen, pengelola country house, dan pengurus REI Jawa Timur. Surat edaran yang ditandatangani Wali Kota Risma pada 6 April 2020 itu bernomor: 470/3674/436.7.13/2020.

Risma mengatakan, surat edaran ini berdasarkan keputusan Presiden RI No. 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat akibat COVID-19. Makanya, demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini, pemkot meminta para Ketua RT dan pihak pengelola itu untuk melakukan beberapa antisipasi. “Kami minta kepada warga apabila ada anggota keluarganya yang ada di luar kota atau luar negeri untuk menunda kepulangannya ke Surabaya,” katanya diberitakan Surabaya.go.id.

Tekan Laju Kasus, Risma Terbitkan Protokol Penanganan COVID-19

Sedangkan apabila warga Surabaya yang ada di luar kota atau luar negeri itu sudah terlanjur kembali ke Surabaya, maka warga tersebut harus mentaati langkah-langkah penanganannya, yaitu kepala atau anggota keluarga harus melaporkan anggotanya yang datang dari luar kota atau luar negeri itu ke Ketua RT atau pengurus RT yang ditunjuk atau pengelola apartemen setempat. “Laporan itu harus dilakukan paling lambat 1x24 jam sejak kedatangan,” tegasnya.

Selanjutnya, Ketua RT/pengurus RT yang ditunjuk atau pengelola apartemen itu harus memasukkan data warganya itu melalui aplikasi lawancovid-19. Selain itu, mewajibkan warganya dan seluruh anggota keluarganya melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari dengan menaati berbagai ketentuan yang telah ditetapkan.

[Baca Juga: Petugas di 19 Posko Sterilisasi Kota Surabaya Dievaluasi Pemkot]

Diantaranya, tidak boleh keluar rumah, menggunakan kamar terpisah, selalu menggunakan masker, menghindari pemakaian bersama peralatan makan, selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, membiasakan berjemur, selalu menjaga kebersihan rumah dan diri dengan cairan disinfektan atau bahan penangkal virus lainnya, dan rutin melakukan pengukuran suhu tubuh, Di samping itu, Ketua RT atau pengurus RT atau pengelola apartemen harus aktif memperbarui data-data warganya.

Di samping itu, Risma juga meminta melakukan pemantauan terhadap keberadaan pendatang baru di wilayah RT/apartemen/country house. Bahkan, ia juga meminta pendatang beridentitas kependudukan non Surabaya yang datang terhitung belum 14 hari sejak surat ini diterima, maka wajib melakukan deteksi dini melalui aplikasi lawancovid-19 dan melakukan isolasi mandiri sekaligus mengunduh aplikasi lawancovid-19 guna memperbarui data kondisi vital diri setiap harinya. “Kami juga minta pengelola country house, pemilik rumah kos atau rumah sewa atau asrama untuk sementara ini tidak menerima penghuni baru yang datang dari luar kota atau luar negeri,” tegasnya.

[Baca Juga: Startup asal Surabaya Ini Hadirkan Tepung Sehat di Pasar Jabodetabek]

Sekadar informasi lawancovid-19.surabaya.go.id, melaporkan pada Rabu (8/4/2020), bahwa total keseluruhan orang dalam pemantauan (ODP) meningkat 85 orang menjadi 917 orang hingga 7 April 2020. Pada periode 6 April 2020, jumlah ODP masih 832 orang. Sementara itu, pasien dalam pengawasan (PDP) naik 47 orang menjadi 367 orang pada 7 April 2020. Jumlah pasien konfirmasi positif masih tetap 84 orang. Ini termasuk tujuh orang dari luar Surabaya.

Tercatat pasien konfirmasi positif Corona COVID-19 yang terbanyak masih di Surabaya Selatan ada 31 orang dan di Surabaya Timur sebanyak 27 orang.Data lain menunjukkan ODP selesai dipantau sebanyak 251 orang. Untuk jumlah PDP yang sembuh meningkat menjadi 100 orang.Namun, dua PDP meninggal dunia.

Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sembuh mencapai 20 orang dan dari luar Surabaya sebanyak tiga orang. Sementara itu, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal bertambah dua menjadi delapan orang.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 9 months lalu
    anisa

    Kabar Gembira buat para pengemar Game Online Kami memberikan Promo Ansuransi Modal Perdana 100% FULL. Modal perdana akan di ganti full 100% jika kurang beruntung. Pendaftaran Gratis dan Mudah Untuk bantuan bisa langsung hub CS 24 jam nonstop atau langsung ke TKP (Bola165,co) Ayo tunggu apa lagi gabung dan klaim Bonusnya ya guys. . . .

  • Emma 2 years, 9 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga. <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Click Disini</a>