Tekan Mobilitas Warga di Tengah Pandemi, Ini 10 Titik Penyekatan di DKI Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Tekan Mobilitas Warga di Tengah Pandemi, Ini 10 Titik Penyekatan di DKI Jakarta

Pada awal pekan ini, Pemerintah Pusat akhirnya mengeluarkan kebijakan terkait lonjakan kasus COVID-19 yang terus terjadi di sejumlah wilayah hingga memicu kondisi krisis ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Di mana kebijakan ini adalah penguatan terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro yang saat ini ditambahkan mengenai jam operasional maksimal dari pusat perbelanjaan hanya hingga pukul 20.00 WIB dengan maksimal kapasitas 25 persen. Dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah pusat tersebut dan menekan penyebaran COVID-19 di wilayahnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya dalam mendirikan titik penyekatan di saat malam hari.

Titik penyekatan ini sudah mulai diterapkan pada 21 Juni 2021 yang mulai diberlakukan dari pukul 21.00-04.00 WIB. Di mana menurut Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta, kebijakan ini diperlukan guna mengurangi mobilitas masyarakat di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota pada malam hari. Tentunya langkah tersebut untuk membantu menekan lonjakan penyebaran kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta. Berdasarkan keterangan Polda Metro Jaya ada 10 titik pencegatan yang tersebar dari Jakarta Selatan hingga Jakarta Utara.

Tekan Mobilitas Warga di Tengah Pandemi, Ini 10 Ti tik Penyekatan di DKI Jakarta.jpg

“10 titik itu adalah Bulungan, Kemang, Gunawarman, Senopati, Sabang, Cikini Raya, Jalan Asia Afrika, Banjir Kanal Tirmu, Kawasan Kota Tua, Boulevard Kelapa Gading, dan PIK 2,” tutur Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambobo Purnomo Yogo, sebagaimana dikutip dari tribratanews.polri.go.id (21/6/2021).

Untuk titik lengkapnya sendiri dimulai dari Bulungan yang mencakup lampu merah Bulungan sampai area Jalan Mahakam. Lalu untuk area Kemang, titik pencegatan dimulai dari pertigaan Kemching ke McDonald hingga selatan ke arah Jalan Benda. Kemudian untuk Jalan Gunawarman mencakup Suryo, SCBD, pertigaan Senopati, area jalan Santa, dan Blok S. Lalu untuk Jalan Sabang, sepanjang jalan ini masuk ke dalam cakupan pencegatan. Untuk Jalan Cikini Raya titik penyekatannya hingga Raden Saleh.

Titik pencegatan di Jalan Asia Afrika mencakup pertigaan Hotel Vermont hingga ke Pakubuwono Senayan City. Lalu untuk area Banjir Kanal timur, area jalanan ini semuanya masuk ke dalam cakupan. Kemudian untuk Kota Tua Jakarta, titik pencegatan dimulai dari Hayam Wuruk hingga Stasiun Jakarta Kota. Terakhir untuk Boulevard Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk 2, seluruh area ini masuk ke dalam cukupannya.

[Baca Juga: Antisipasi Arus Balik, Penyekatan Jalur Masuk ke Medan Diperpanjang Sampai 24 Mei]

Pihak Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta juga sudah memberikan pengecualian siapa saja yang boleh masuk-keluar ke area penyekatan. Khusus untuk yang keluar saja, Anda yang baru keluar dari restoran, kafe hingga pusat perbelanjaan masih boleh keluar dari titik pencegatan. Sedangkan untuk yang masuk-keluar, penghuni atau warga asli di sana masih diperbolehkan, kendaraan darurat (ambulans, pemadam kebakaran, dll), dan tamu hotel.

Berbeda dengan PPKM Mikro yang kemarin diumumkan oleh Pemerintah Pusat yang diberlakukan 22 Juni-5 Juli 2021, Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta tak memberikan waktu spesifik hingga kapan kebijakan titik penyekatan ini diberlakukan. Dengan Kombes Pol. Sambodo yang menambahkan, titik penyekatan tersebut masih bersifat situasional.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.