Tekan Penyebaran Virus Corona, Depok Siap Adakan Rapid Test

Kesehatan

Tekan Penyebaran Virus Corona, Depok Siap Adakan Rapid Test

Berdasarkan kabar terbaru, jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona penyebab COVID-19 di Kota Depok baru-baru ini kembali bertambah. Dengan pasien baru ini maka setidaknya sudah ada 19 orang yang terkena virus SARS-CoV-2. Hal ini tentu saja langsung membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk bergerak lebih cepat dengan tujuan menekan penyebaran Virus Corona. Salah satunya adalah siapnya Pemkot Depok dalam menggelar rapid test untuk segera menemukan indikasi apakah warganya terkena COVID-19 atau tidak.

Kabar mengenai pengadaan rapid test di Kota Belimbing ini langsung disampaikan Wali Kota Depok Mohammad Idris. Ia menyebut, tes ini akan digelar di semua fasilitas kesehatan Kota Depok yang memang sedang merawat para Pasien Dalam Pengawasan atau PDP.

Tekan Penyebaran Virus Corona, Depok Siap Adakan Rapid Test

“Untuk pelaksanaan rapid test di Depok akan dimulai hari Ini secara simultan dari rumah sakit-rumah sakit yang merawat PDP,” ujar Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (25/3/2020).

Dalam tes yang digelar pada Rabu kemarin itu, rapid test ini ditargetkan untuk PDP sekaligus para tenaga kesehatan di rumah sakit memang yang kerap kontak dengan para pasien yang memang positif terinfeksi SARS-CoV-2. Selain itu para tenaga kesehatan yang bekerja di sana dan tak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap juga turut diperiksa.

[Baca Juga: Bagaimana Prosedur Tes Covid-19?]

Dalam waktu dekat rapid test ini disebut Wali Kota Depok, juga akan hadir di puskesmas. Di mana tes di puskesmas ditujukan untuk para PDP yang memang sedang melakukan isolasi diri, Orang Dalam Pemantauan atau ODP serta para tenaga kesehatan puskesmas yang tak mengenakan APD lengkap atau memang kontak dengan pasien positif COVID-19.

Tak hanya rapid test, Pemkot Depok juga mengambil langkah pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menggandeng semua lapisan masyarakat. Dengan program bernama Kampung Siaga COVID-19, Pemkot Depok mengajak Komunitas Sekolah Relawan, pihak kecamatan, kelurahan, serta warganya.

[Baca Juga: Tes COVID-19: PCR VS Antibodi, Apa Bedanya?]

Degan Kampung Siaga COVID-19, warga diharapkan dapat berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus Corona. Walau saat ini belum ada tugas spesifik bagaimana program ini berjalan tapi disinyalir Kampung Siaga COVID-19 dapat membuat warga turut mensosialisasikan mengenai Virus Corona serta merealisasikan beragam upaya dalam rangka mencegah penyebaran penyakit yang tengah menjadi pendemi dunia ini.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.