Tekan Penyebaran Virus Corona, Depok Siap Adakan Rapid Test

Kesehatan

Tekan Penyebaran Virus Corona, Depok Siap Adakan Rapid Test

Berdasarkan kabar terbaru, jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona penyebab COVID-19 di Kota Depok baru-baru ini kembali bertambah. Dengan pasien baru ini maka setidaknya sudah ada 19 orang yang terkena virus SARS-CoV-2. Hal ini tentu saja langsung membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk bergerak lebih cepat dengan tujuan menekan penyebaran Virus Corona. Salah satunya adalah siapnya Pemkot Depok dalam menggelar rapid test untuk segera menemukan indikasi apakah warganya terkena COVID-19 atau tidak.

Kabar mengenai pengadaan rapid test di Kota Belimbing ini langsung disampaikan Wali Kota Depok Mohammad Idris. Ia menyebut, tes ini akan digelar di semua fasilitas kesehatan Kota Depok yang memang sedang merawat para Pasien Dalam Pengawasan atau PDP.

Tekan Penyebaran Virus Corona, Depok Siap Adakan Rapid Test

“Untuk pelaksanaan rapid test di Depok akan dimulai hari Ini secara simultan dari rumah sakit-rumah sakit yang merawat PDP,” ujar Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (25/3/2020).

Dalam tes yang digelar pada Rabu kemarin itu, rapid test ini ditargetkan untuk PDP sekaligus para tenaga kesehatan di rumah sakit memang yang kerap kontak dengan para pasien yang memang positif terinfeksi SARS-CoV-2. Selain itu para tenaga kesehatan yang bekerja di sana dan tak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap juga turut diperiksa.

[Baca Juga: Bagaimana Prosedur Tes Covid-19?]

Dalam waktu dekat rapid test ini disebut Wali Kota Depok, juga akan hadir di puskesmas. Di mana tes di puskesmas ditujukan untuk para PDP yang memang sedang melakukan isolasi diri, Orang Dalam Pemantauan atau ODP serta para tenaga kesehatan puskesmas yang tak mengenakan APD lengkap atau memang kontak dengan pasien positif COVID-19.

Tak hanya rapid test, Pemkot Depok juga mengambil langkah pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menggandeng semua lapisan masyarakat. Dengan program bernama Kampung Siaga COVID-19, Pemkot Depok mengajak Komunitas Sekolah Relawan, pihak kecamatan, kelurahan, serta warganya.

[Baca Juga: Tes COVID-19: PCR VS Antibodi, Apa Bedanya?]

Degan Kampung Siaga COVID-19, warga diharapkan dapat berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus Corona. Walau saat ini belum ada tugas spesifik bagaimana program ini berjalan tapi disinyalir Kampung Siaga COVID-19 dapat membuat warga turut mensosialisasikan mengenai Virus Corona serta merealisasikan beragam upaya dalam rangka mencegah penyebaran penyakit yang tengah menjadi pendemi dunia ini.

Read More

Artikel Lainnya

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

03 April 2020, 14:00

Pergi ke dokter gigi di tengah Pandemi COVID-19 sebisa mungkin perlu dihindari. Berikut cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Kesehatan

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

03 April 2020, 13:00

Zoonosis menjadi salah satu kata yang kini sering ditemui. Apa arti kata itu dan apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 yang diakibatkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2?


Comments


Please Login to leave a comment.