bus listrikOK.jpg

Berita Kawasan

Tekan Polusi, Semarang Uji Coba Bus Listrik untuk Transportasi Massal

Pada 20 September 2021 lalu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan uji coba bus listrik yang akan digunakan di wilayah kota Semarang nantinya. Hal ini sebagai upaya Pemerintah Kota Semarang dalam menyempurnakan pembangunan kota cerdas berkelanjutan yang telah digagas sejak tahun 2013 silam. Dalam kesempatan tersebut, Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi meminta uji coba bus listrik dilakukan pada jalan tanjakan yang terdapat di kota Semarang.

Permintaan orang nomor satu di kota Semarang tersebut menjawab satu pertanyaan besar yang selama ini dirisaukan ketika nantinya kendaraan akan beralih dari BBM ke tenaga listrik. Iapun mempertanyakan tenaga yang akan dihasilkan pada kendaraan listrik, terutama ketika melewati jalan tanjakan yang membutuhkan performa kendaraan yang prima. Hasilnya, bus listrik yang ditumpanginya dalam pengecekan kesiapan kendaraan tersebut ternyata mampu berada dalam kecepatan stabil ketika berada di jalan yang menanjak.

bus listrikOK2.jpg

Hendipun mengakui jika kendaraan listrik yang diuji cobakan hari itu tidak kalah kekuatannya dengan kendaraan listrik buatan luar negeri karena telah berhasil melewati jalan tanjakan dengan aman dan nyaman. Kendaraan listrik yang diuji cobakan tersebut merupakan produk lokal Indonesia dan termasuk mobil anak bangsa. Jika nantinya kendaraan listrik digunakan sebagai transportasi massal, ia berharap akan menekan polusi udara di Ibu Kota Jawa Tengah ini. “Hari ini kita uji coba bus listrik mobil anak bangsa, produk Indonesia. Energinya menggunakan baterai yang dengan pengisian daya ulang selama 2,5 jam, bisa menempuh jalan hingga 300 kilometer,” ujar Hendi.

Endro Pudyo Martantono selaku Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang mengatakan jika semangat Hendi yang ingin menjadikan Kota Semarang memiliki udara bersih inilah yang membuat pihaknya memproyeksikan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Kota Semarang. Namun Hendro tak menampik jika uji coba lanjutan tetap bisa dilakukan guna mengetahui daya tahan bus. “Kami tentu sejalan dengan semangat bapak Wali Kota Semarang, yang ingin menjadikan Kota Semarang memiliki udara yang bersih. Maka adanya bus listrik ini tentu saja masuk dalam proyeksi kami ke depan,” tutur Endro dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (21/9/2021).

bus listrikOK3.jpg

Pada kesempatan tersebut, bus listrik yang diuji cobakan adalah tipe low deck, namun nantinya tipe bus listrik akan disesuaikan dengan kebutuhan kota Semarang. Selain itu bus listrik juga dibuat menjadi dua tipe dengan panjang yang berbeda, antara lain bus dengan panjang 12 meter dan 8 meter. “Kalau bus listrik memang saat ini karena umumnya low deck, seperti untuk bandara. Hal itu agar memudahkan akses penumpang untuk keluar masuk tanpa halte. Tapi jika dikehendaki untuk transportasi dalam kota tentu kita akan menyesuaikan sesuai dengan tinggi halte,” ungkap Agus, perwakilan produsen Bus Listrik Mobil Anak Bangsa.


Read More

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.