Tekan Polusi Udara, Warga Jakarta Utara Didorong Gunakan Sepeda

Berita Kawasan

Tekan Polusi Udara, Warga Jakarta Utara Didorong Gunakan Sepeda

Sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Nomor 66 Tahun 2019, jajaran pemerintahan di Ibu Kota diajak untuk membantu pelaksanaan pengendalian kualitas udara di Jakarta, khususnya dalam mengurangi polusi. Hal itu bisa terlihat dari program Jakarta Utara Ramah Bersepeda yang baru-baru ini dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara. Di mana para warga di wilayah ini didorong untuk menggunakan sepeda ketika beraktivitas di luar rumah demi mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang terbesar polusi di Ibu Kota akibat emisi gas buangnya. Mengingat rata-rata para pekerja masyarakat di Jakarta dan kota satelit lain sekitarnya lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor pribadi hingga ojek online untuk beraktivitas dibandingkan moda transportasi publik.

Tekan Polusi Udara, Warga Jakarta Utara Didorong Gunakan Sepeda

Atas dasar pemikiran itulah, Pemkot Jakarta Utara mengajak semua lapisan masyarakat untuk menggunakan sepeda. Pasalnya, kendaraan roda dua ini dipandang bersifat ramah lingkungan dan bila digunakan secara massal maka polutan di udara Ibu Kota yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor pun dapat berkurang.

Mengacu kepada salah satu Instruksi Gubernur DKI Nomor 66 Tahun 2019 terdapat poin yang di mana menginstruksikan percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki agar masyarakat dengan mudah mengakses moda transportasi publik. Namun pihak Pemkot Jakarta Utara memandang untuk saat ini solusi yang cepat untuk direalisasikan adalah menggunakan sepeda yang disebut lebih efisien dibandingkan berjalan kaki.

[Baca Juga: Layanan Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Bisa Kurangi Polusi Udara]

“Bersepeda merupakan salah satu alternatif lain dalam upaya pengurangan polusi udara. Bersepeda juga lebih cepat dan lebih jauh jarak tempuhnya dibanding berjalan kaki. Maka dari itu, kami akan mencanangkan program Jakarta Utara Ramah Bersepeda ini,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (21/8/2019).

Pada perealisasian program ini, Pemkot Jakarta Utara menggandeng Institute for Transportation and Development Policy (ITDP). Karena program Jakarta Utara Ramah Bersepeda diarahkan dapat menyediakan akses jaringan untuk pesepeda yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas umum, kantor pemerintah, dan moda transportasi publik.

[Baca Juga: Transportasi Publik, Solusi Jakarta Atasi Polusi Udara]

Jaringan yang dimaksud adalah jalur untuk pesepeda yang rencananya akan dibangun di bagian bahu jalan serta sarana parkir untuk sepeda. Pada tahap awal, program ini akan diarahkan untuk dilaksanakan oleh jajaran Pemkot Jakarta Utara dan Aparatur Sipil Negara. Jadi sarana parkir untuk sepeda rencananya akan disiapkan di kantor wali kota, kecamatan, kelurahan, hingga kantor pelayanan masyarakat lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.