Tekan Risiko Trauma Persalinan Lewat Latihan Prenatal Gentle Yoga

Kesehatan

Tekan Risiko Trauma Persalinan Lewat Latihan Prenatal Gentle Yoga

Terdapat sederet selebritis di tanah air yang sudah mengalami langsung persalinan gentle birth, sebut saja penyanyi kenamaan Andien dan pesinetron Ayudia Bing Slamet. Pengalaman yang dibagikan membuat para calon ibu penasaran ingin mengikuti jejak mereka berdua. Jika Pointers juga menjadi salah satu yang ingin mencicipi persalinan seperti ini, dibutuhkan persiapan. Apa sih persiapannya?

Tekan Risiko Trauma Persalinan Lewat Latihan Prenatal Gentle Yoga

Yesie Aprillia, seorang bidan sekaligus pratiksi yoga dan penulis buku Prenatal Gentle Yoga, menjelaskan, agar proses gentle birth berjalan dengan lancar, perlu berlatih prenatal gentle yoga yang dirancang khusus bagi ibu hamil. Ditegaskannya, latihan ini tidak hanya bermanfaat dalam rangka mempersiapkan fisik semata melainkan juga mental, dan spiritual.

[Baca Juga: Yoga Dapat Jadi Solusi Olahraga untuk Cedera Lutut]

“Diantaranya mengurangi morning sickness saat trimester pertama kehamilan, memperbaiki postur tubuh untuk menciptakan ruang yang maksimal bagi perkembangan janin di rahim, dan menjaga kondisi tubuh tetap bugar hingga proses persalinan,” jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima PingPoint (15/3/2020).

Lebih lanjut dituturkannya, Prenatal gentle yoga merupakan salah satu bentuk olahraga yang dirancang khusus bagi ibu hamil. Dengan demikian ibu hamil bisa mendapatkan latihan yang mencakup pernapasan, peregangan, dan pose penguatan serta relaksasi.

Tekan Risiko Trauma Persalinan Lewat Latihan Prenatal Gentle Yoga

Menurutnya, menggabungkan yoga dengan meditasi akan sangat membantu pikiran ibu hamil menjadi lebih cepat rileks. Selain itu, ibu hamil akan berada dalam lingkungan yang mendukung serta saling menguatkan antara ibu hamil satu dengan yang lainnya.

Manfaat yang bisa diperoleh dari latihan ini cukup banyak, baik secara fisik maupun mental. Di antaranya adalah dapat membuat ibu hamil tetap bugar selama masa kehamilan, mengurangi dan menghilangkan keluhan yang dirasakan selama masa kehamilan, memperbaiki pola napas ibu hamil, melatih otot dasar panggul, hingga membuat ibu hamil merasa nyaman dan relaks sepanjang kehamilan dan saat melahirkan.

[Baca Juga: Kenali Jenis Matras Yoga yang Pas Buat Anda]

Untuk hasil terbaik, sangat dianjurkan mengajak keluarga atau suami bersama-sama membaca dan mempelajari buku ini, sebagai dukungan maksimal terhadap upaya sang calon ibu memperoleh gentle birth.

“Agar berhasil melakukan gentle birth, proses yang harus dilalui tidaklah instan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari fisik, mental, pikiran, juga spiritual. Pahami, renungkan, terapkan, dan praktikkan agar tercipta pengalaman persalinan yang positif bagi sang ibu dan bayinya,” tandas Yesie.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.