Telkom Siap Kembangkan Startup Melalui Program Indigo Batch 2.jpg

Bisnis

Telkom Siap Kembangkan Startup Melalui Program Indigo Batch 2

Selain bergerak di bidang jasa telekomunikasi dan konektivitas, PT Telkom juga ternyata ingin mendorong pengembangan ekonomi kreatif di bidang digital. Di mana ini direalisasikan melalui Indigo Creative Nation yang diinisiasi sejak tahun 2013 dan menjadi program inkubasi untuk perusahaan startup digital pertama yang memang dimiliki oleh BUMN. Saat ini program dari Indigo Creative Nation akan segera dimulai kembali dengan Batch 2 di tahun 2020. Tak kira-kira, selain mendapatkan pembinaan untuk mengembangankan bisnis startup Anda, program ini juga siap memberikan pendanaan bagi startup yang sukses hingga Rp2 miliar.

Telkom Siap Kembangkan Startup Melalui Program Indigo Batch 2 .jpg

Menurut pihak Telkom, keberadaan Indigo Creative Nation tidak terlepas dari keinginan perusahaan BUMN tersebut untuk melakukan kolaborasi banyak pihak, khususnya para talenta dari dunia startup digital. Karena perusahaan dengan produk utamanya Indihome tersebut memandang kesuksesan tidak bisa hanya dengan mengembangkan perusahaan serta produk mereka sendiri sehingga ada baiknya jika dapat menggandeng pengusaha lain dan turut mengembangkan usaha mereka. Inilah yang menjadi salah satu dasar pengembangan Indigo Creative Nation.

“Apa sebenarnya mega thinking di balik itu (Indigo Creative Nation)? Ikut membantu memperkuat ekonomi Indonesia khususnya ekonomi kreatif atau ekonomi digital. Nah Itu pemikiran besarnya. Dari situ kita turunkan, at the macro level mudah-mudahan Indigo Creative Nation turut mengembangkan ekosistem inovasi, khususnya dari creativity yang berangkat dari ide-ide yang kreatif khususnya di bidang digital,” jelas Direktur Digital Business PT Telkom Fajrin Rasyid pada Press Conference Indigo Batch 2-2020 melalui Zoom (21/10/2020).

[Baca Juga: East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup KitaBeli]

Bagi pengusaha startup yang lolos seleksi Indigo Creative Nation sendiri maka akan menjalani beragam kegiatan untuk mengembangkan bisnis mereka dari mulai tahapan nurturing creativity hingga Follow-on-Funding atau FoF). Di mana saat ini program ini sudah mengingkubasi 177 startup yang ditempatkan di Digital Valleys di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar. Selama mengikuti program ini, ratusan startup itu diberikan akses mentorong, co-working space, pendaan, memberi akses ke pasar di Telkom Group, hingga membawa startup tersebut mencari pendanaan lanjutan dari berbagai perusahaan modal ventura serta investor lainnya yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Di tahun 2020 sendiri, Indigo Creative Nation digelar sebanyak dua kali. Di mana Batch 1 telah berakhir dengan sekitar 201 startup yang mendaftar dan 18 yang lolos seleksi. Saat ini pendaftaran Batch 2 Indigo Creative Nation sudah dimulai hingga 13 November 2020 melalui laman indigo.id. Dengan pihak Telkom yang mencari talenta startup di bidang logistik, finansial, pendidikan, travel & tourism, pertanian atau agrikultur, dan kesehatan. Bila sesuai rencana maka tahapan pitching untuk Indigo Creative Nation Batch 2-2020 ini akan digelar pada 24-26 November 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.