Telkom Siap Kembangkan Startup Melalui Program Indigo Batch 2.jpg

Bisnis

Telkom Siap Kembangkan Startup Melalui Program Indigo Batch 2

Selain bergerak di bidang jasa telekomunikasi dan konektivitas, PT Telkom juga ternyata ingin mendorong pengembangan ekonomi kreatif di bidang digital. Di mana ini direalisasikan melalui Indigo Creative Nation yang diinisiasi sejak tahun 2013 dan menjadi program inkubasi untuk perusahaan startup digital pertama yang memang dimiliki oleh BUMN. Saat ini program dari Indigo Creative Nation akan segera dimulai kembali dengan Batch 2 di tahun 2020. Tak kira-kira, selain mendapatkan pembinaan untuk mengembangankan bisnis startup Anda, program ini juga siap memberikan pendanaan bagi startup yang sukses hingga Rp2 miliar.

Telkom Siap Kembangkan Startup Melalui Program Indigo Batch 2 .jpg

Menurut pihak Telkom, keberadaan Indigo Creative Nation tidak terlepas dari keinginan perusahaan BUMN tersebut untuk melakukan kolaborasi banyak pihak, khususnya para talenta dari dunia startup digital. Karena perusahaan dengan produk utamanya Indihome tersebut memandang kesuksesan tidak bisa hanya dengan mengembangkan perusahaan serta produk mereka sendiri sehingga ada baiknya jika dapat menggandeng pengusaha lain dan turut mengembangkan usaha mereka. Inilah yang menjadi salah satu dasar pengembangan Indigo Creative Nation.

“Apa sebenarnya mega thinking di balik itu (Indigo Creative Nation)? Ikut membantu memperkuat ekonomi Indonesia khususnya ekonomi kreatif atau ekonomi digital. Nah Itu pemikiran besarnya. Dari situ kita turunkan, at the macro level mudah-mudahan Indigo Creative Nation turut mengembangkan ekosistem inovasi, khususnya dari creativity yang berangkat dari ide-ide yang kreatif khususnya di bidang digital,” jelas Direktur Digital Business PT Telkom Fajrin Rasyid pada Press Conference Indigo Batch 2-2020 melalui Zoom (21/10/2020).

[Baca Juga: East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup KitaBeli]

Bagi pengusaha startup yang lolos seleksi Indigo Creative Nation sendiri maka akan menjalani beragam kegiatan untuk mengembangkan bisnis mereka dari mulai tahapan nurturing creativity hingga Follow-on-Funding atau FoF). Di mana saat ini program ini sudah mengingkubasi 177 startup yang ditempatkan di Digital Valleys di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar. Selama mengikuti program ini, ratusan startup itu diberikan akses mentorong, co-working space, pendaan, memberi akses ke pasar di Telkom Group, hingga membawa startup tersebut mencari pendanaan lanjutan dari berbagai perusahaan modal ventura serta investor lainnya yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Di tahun 2020 sendiri, Indigo Creative Nation digelar sebanyak dua kali. Di mana Batch 1 telah berakhir dengan sekitar 201 startup yang mendaftar dan 18 yang lolos seleksi. Saat ini pendaftaran Batch 2 Indigo Creative Nation sudah dimulai hingga 13 November 2020 melalui laman indigo.id. Dengan pihak Telkom yang mencari talenta startup di bidang logistik, finansial, pendidikan, travel & tourism, pertanian atau agrikultur, dan kesehatan. Bila sesuai rencana maka tahapan pitching untuk Indigo Creative Nation Batch 2-2020 ini akan digelar pada 24-26 November 2020.

Read More

Artikel Lainnya

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Do a.jpg

Berita Kawasan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa

02 December 2020, 13:07

Kang Emil mendoakan Gubernur DKI Jakarta lekas pulih usai Anies Baswedan positif terinfeksi COVID-19.

Gubernur-Wagub DKI Jakarta Positif COVID-19, Balai Kota Disinfeksi 3 Hari Berturut-tur ut.jpg

Berita Kawasan

Gubernur-Wagub DKI Jakarta Positif COVID-19, Balai Kota Disinfeksi 3 Hari Berturut-turut

02 December 2020, 12:07

Setelah Gubernur dan Wagub DKI Jakarta dinyatakan positif COVID-19, area Balai Kota DKI disemprot cairan disinfektan selama tiga hari berturut-turut.

Pilihan Resep Nutela yang Tidak Mungkin Bisa Ditolak

Kuliner

Pilihan Resep Nutela yang Tidak Mungkin Bisa Ditolak

02 December 2020, 12:01

Berikut tiga pilihan resep camilan manis yang menggunakan Nutela sebagai bahan yang menambahkan cita rasa tersendiri. Bila Anda ditawarkan salah satu dari makanan ini, 'tidak' bukanlah pilihan.

Ini Rahasia Rambut George Clooney

Kecantikan dan Fashion

Ini Rahasia Rambut George Clooney

02 December 2020, 11:05

Aktor, produser eksekutif, dan sutradara George Clooney membagikan rahasianya dalam menjaga kerapihan rambutnya selama pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.