Teluk Jakarta Dilirik Jadi Lokasi Edukasi Kelautan

Pendidikan

Teluk Jakarta Dilirik Jadi Lokasi Edukasi Kelautan

Memupuk rasa cinta terhadap alam dipandang menjadi hal yang perlu diberikan semenjak dini kepada generasi muda agar mereka dapat mengapresiasi serta turut menjaganya. Hal inilah yang diinginkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk siswa-siswi di Ibu Kota. Oleh karena itulah, Dinas Pendidikan DKI Jakarta saat ini tengah melakukan perumusan program edukasi kelautan dalam upaya memperkenalkan lebih jauh mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kebaharian kepada generasi muda.

Teluk Jakarta Dilirik Jadi Lokasi Edukasi Kelautan

Rencana ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat. Di mana ia memandang amat disayangkan jika generasi penerus tidak mengenali dengan baik mengenai laut dan potensinya. Pasalnya, ini dapat berujung tidak dimanfaatkan kekayaan laut seperti di area Teluk Jakarta yang sebenarnya memiliki potensi secara ekonomi.

[Baca Juga: Coca-Cola Indonesia Adakan Pameran Edukasi Inspiraktif]

“Kita perlu terus melakukan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk mengenal laut dan berbagai macam potensinya,” ujarnya ketika ia berkunjung ke Kampung Nelayan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara sebagaimana dilansir dari utara.jakarta.go.id (7/10/2019).

Namun rancangan program ini masih akan kembali digodog dengan jajaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Karena sebisa mungkin, edukasi mengenai laut ini dibuat menarik sehingga para pelajar DKI Jakarta mau dilibatkan dalam aktivitas yang bersifat kebaharian. Bahkan tak menutup kemungkinan Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan menggandeng komunitas pecinta alam dalam proses realisasi program ini.

[Baca Juga: Bibit Karang dan Mangrove Gratis Demi Pelestarian Laut Jakarta]

“Kami akan bahas dulu dengan teman-teman di Dinas Pendidikan DKI. Ini suatu hal yang menarik. Salah satu contohnya saya perhatikan belum ada edukasi kebaharian di mana pelajar berkecimpung dalam aktivitas nelayan,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta itu.

Saat ini lokasi yang dipandang tepat untuk dijadikan untuk objek edukasi mengenai kelautan ini adalah Teluk Jakarta. “Tadi saya lihat masih ada sampah bertebaran di laut Teluk Jakarta. Dengan adanya program edukasi kebaharian, pelajar atau masyarakat luas yang telah mencintai laut akan lebih peduli terhadap kebersihan,” ungkapnya.

Syaefuloh menyebut, program ini memang juga dapat bermanfaat untuk lingkungan. Karena tak menutup kemungkinan pelajar DKI Jakarta lebih peduli terhadap laut sehingga mereka ikut menjaga lingkungan dari mulai hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan yang sebenarnya bisa berdampak dengan sampah-sampah tersebut mencemari laut di Teluk Jakarta. “Lebih peduli dan menyayangi keindahan laut Jakarta,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Mengapa Akhir-Akhir Ini Banyak Bermunculan Ular Liar

Berita Kawasan

Mengapa Akhir-Akhir Ini Banyak Bermunculan Ular Liar?

11 December 2019, 09:00

Beberapa hari terakhir wilayah Jabodetabek dihebohkan dengan banyaknya kemunculan ular-ular liar. Apa penyebabnya?

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

Kesehatan

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

11 December 2019, 08:00

Meski secara umum tidak berbahaya, jerawat di leher sering kali membuat penggunanya menjadi kurang percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya?

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.


Comments


Please Login to leave a comment.