Tembus Miliaran Rupiah! Pemprov Jawa Tengah Sukses Gelar UKM Virtual Expo.jpg

Bisnis

Tembus Miliaran Rupiah! Pemprov Jawa Tengah Sukses Gelar UKM Virtual Expo

Kondisi pandemi COVID-19 tentu saja sangat terasa dampaknya untuk para pengusaha, apalagi yang masuk ke dalam sektor Usaha Kecil Menengah atau UKM. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah pun tak tinggal diam dan berusaha membantu para pengusaha UKM untuk mengalihkan penjualannya ke daring. Hal ini terlihat dari kegiatan yang baru-baru ini digelar Pemprov Jawa Tengah bertajuk UKM Virtual Expo yang berhasil mengeruk omzet yang mencapai angka miliaran rupiah.

UKM Virtual Expo digelar secara resmi dari 25 – 27 Oktober 2020 dengan setidaknya ada 102 pengusaha UKM yang berasal dari berbagai wilayah Jawa Tengah yang mengikutinya. Dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang langsung membuka pameran produk UKM secara daring ini. Dirinya mendeskripsikan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap kegiatan ekonomi warganya.

Tembus Miliaran Rupiah! Pemprov Jawa Tengah Sukses Gelar UKM Virtual Exp o.jpg

Menurut orang nomor satu di Jawa Tengah, momen pandemi ini harus memicu pengusaha UKM untuk mampu belajar dan mau beradaptasi, khususnya terkait ‘lapak usahanya’. “Sekarang ada cara yang dikreasikan oleh anak-anak muda, oleh Diskop (Dinas Koperasi) UKM, dibantu oleh para sponspor. Kalau biasanya jualnya di pinggir jalan, di toko pinggir pasar tidak mudah, maka kami beri ruang. Kalau punya produk apapu bisa nempel di UKM Virtual Expo,” ujar Ganjar Pranowo, sebagaimana dikutip dari jatengprov.go.id (25/10/2020).

Gubernur Jawa Tengah itu melanjutkan, banyak tantangan yang dihadapi oleh para pengusaha UKM di wilayahnya, seperti ada produk tapi tak tahu menjualanya, kemudian ada kualitas produk yang kurang bagus tapi tak taku bagaimana berlatih memperbaiki kualiitasnya, hingga punya produk dengan kualitas bagi tapi tak ada uang untuk modal. Semua aspek ini sebenarnya tetap siap diayomi Pemprov Jawa Tengah. “Maka ada co-working space dan channel (YouTube) RIKU (Rumah Inspirasi Koperasi dan UKM). Maka saya luncurkan ini supaya semuanya bisa survive,” sambung pria berusia 51 tahun itu.

[Baca Juga: Survei LIPI: Hanya 3,5 Persen Bisnis Tidak Terdampak Pandemi]

Gelaran UKM Virtual Expo yang membagi pengusaha UKM menjadi empat klaster, yaitu fashion, makanan, minuman, serta kriya ini sendiri terbilang sukses bahkan sebelum resmi digelar untuk umum. “Dari tanggal 20 sampai pagi tadi tanggal 25 Oktober, tercatat penjualannya sudah mencapai Rp1,68 miliar,” jelas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati.

Menariknya selain dari dalam negeri, Ema menambahkan, ada pembeli yang ternyata berasal dari luar negeri dan ikut tertarik dengan produk-produk yang dihadirkan di UKM Virtual Expo. Di mana negara-negara yang tertarik tersebut adalah Singapura, Malaysia, sampai ke negara di Eropa. “Hingga tadi (25/10/2020) sudah ada 5.600 kunjungan ke UKM Virtual Expo. Dari jumlah itu yang serius dengan mengirimkan email ada sekitar 1.600 orang,” tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.