warung semawisOK3.jpg

Hobi dan Hiburan

Temukan Beragam Makanan Hingga Jasa Ramal di Pasar Semawis, Semarang

Jika ke kota Semarang tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi destinasi kuliner yang telah dikenal masyarakat kota Lumpia. Pasar Semawis, menjadi salah satu pusat kuliner di Ibu Kota Jawa Tengah memang dikenal memanjakan wisatawan dengan ragam kulinernya yang menggugah selera. Berlokasi di sebuah gang daerah Pecinan Semarang, tampak tenda-tenda semi permanen berjejer menjual berbagai macam jajanan bak pasar malam.

Ide pembuatan Warung Semawis atau Pasar Semawis ini memang berasal dari Komunitas Pecinan Semarang. Pasar ini memang dimaksudkan sebagai salah satu tujuan wisata yang akhirnya menjadi ikon wisata kuliner khas Semarang. Awalnya pasar Semawis merupakan pasar malam yang diadakan beberapa hari menjelang perayaan Imlek pada tahun 2004, lalu kemudian Pasar Semawis dibuka pada tahun 2005 setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB.

pasar semawis.png

Pasar Semawis memang dibuka di sepanjang jalan Gang Warung kawasan Pecinan Semarang, jadi ketika pasar ini mulai beroperasi pada malam hari, maka akses untuk melewati gang ini akan ditutup bagi kendaraan. Ketika menjejakkan kaki di pasar Semawis anda pasti akan dikejutkan dengan bangunan tua dan atmosfir pecinan yang sangat kental. Tak meninggalkan identitas Tionghoa, budaya khas Tionghoa juga kerap kita lihat dari keseharian masyarakat Gang Warung ketika mereka tak mau ketinggalan memeriahkan pasar malam dengan bernyanyi lagu mandarin di depan rumah mereka.

[Baca Juga: 9 Menu Kuliner Peranakan Tionghoa yang Terkenal di Semarang]

Layaknya pasar malam, berbagai varian menu Khas Semarang dan Tionghoa bisa ditemui ditempat ini baik halal maupun non halal. Bagi kalian yang beragama islam, menu Nasi Gudeg, Nasi Pindang, Soto Sapi, Sate Sapi Pak Kempleng, Nasi Ayam, Nasi Goreng Babat, Babat Gongso, Bakmie Jawa, Nasi Pecel, Nasi Pela, aneka sate, Nasi Goreng, seafood bisa menjadi pilihan makanan halal yang bisa kalian coba di Pasar Semawis. Meskipun begitu, tetap disarankan untuk selalu menanyakan kehalalan makanan yang dijual di tempat ini dari jenis daging hingga minyak yang digunakan.

warung semawisOK.jpg

Sementara untuk anda yang non muslim, pasar Semawis bisa menjadi surga kuliner yang memanjakan lidah kalian dengan banyaknya pilihan makanan. Beragam jenis makanan khas pecinan yang kebanyakan non halal bisa anda jumpai di tempat ini seperti menu oriental khas pecinan, sate Babi Singapore. Pointers tak hanya akan menikmati kelezatan berbagai macam makanan yang dijajakan, terkadang beberapa pedagang juga menyajikan atraksi memasak menarik yang membuat decak kagum pengunjung.

Tak hanya menjual makanan dan minuman saja, Pasar Semawis ternyata kerap diramaikan dengan para pedagang yang berjualan barang hingga jasa. Beberapa penjual mainan anak-anak, asesoris, pakaian, buah-buahan segar sering pula terlihat diantara para pedagang makanan yang penuh sesak dengan antrian pengunjung. Yang unik, di tempat ini kita juga bisa menemui penjual jasa ramal atau peramal hingga tukang pijat tradisional lho Pointers. Jika tertarik mengunjungi pasar Semawis, jangan lupa isi penuh saldo Go Paymu, karena sebagian besar pedagang di tempat ini telah melakukan transaksi secara non tunai.


Read More

Waroeng Semawis

Pasar Malam

None
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.