Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI

Berita Kawasan

Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI

Selama pandemi COVID-19, tenaga medis sangat diperlukan dalam menyembuhkan pasien positif COVID-19 dengan jumlah pasien yang meningkat tiap harinya. Selain Alat Perlengkapan Diri (APD) yang dibutuhkan tenaga medis saat bertugas, disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat bahwa para tenaga medis membutuhkan istirahat yang berkualitas setelah bertugas atau bergantian shift tugas.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BUMD miliknya yakni PT. Jakarta Tourisindo (JAKTOUR) memfasilitasi tempat tinggal atau penginapan yang nyaman dan layak bagi para tenaga medis yang menangani pasien COVID-19.

Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI

Melansir laman beritajakarta.id (27/03/2020), Anies mengatakan, tim medis termasuk garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 yang bekerja paling keras, berat dan risikonya paling besar. “Tugas yang mereka miliki amat melelahkan. Sebagian dari mereka juga merasa perlu untuk tidak pulang ke rumah karena khawatir nanti kalau pulang punya risiko,” ucapnya

Anies menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sedang menyiapkan fasilitas tempat tinggal kepada tenaga medis, dokter serta perawat untuk tinggal di Hotel Grand Cempaka di Cempaka Putuh, Jakarta Pusat milik Pemprov DKI. Di penginapan tersebut, disediakan 220 kamar dengan 414 tempat tidur.

[Baca Juga: Pertamina Lubricants Sumbang APD untuk Tenaga Medis COVID-19]

Anies berharap semua pihak mau berkolaborasi dalam memberikan dukungan bagi para tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 khususnya di Jakarta.

“Harapannya semua pihak bisa terlibat, mendukung tenaga medis saat mereka menjalankan tugas kemanusiaan yang amat mulia ini," ungkapnya.

Anies juga mengucapkan terima kasih kepada perkumpulan Jasa Boga Indonesia, Food Station, Susu Diamond, Bank DKI, Dompet Dhuafa dan Pasar Jaya yang memiliki Chambers Disinfection. Jadi semua tenaga medis yang datang mengalami proses desinfeksi dulu baru kemudian memasuki fasilitas. Ini dalam rangka memastikan yang paling depan dapat dukungan yang cukup," tuturnya.

Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI

Berikut fasilitas yang diberikan di Hotel Grand Cempaka Business antara lain:

  1. Kamar Tidur
  2. Toiletries
  3. Layanan kebersihan kamar dengan penyemprotan disinfektan setiap hari
  4. Makan pagi, siang, malam dan snack
  5. Free flow minuman
  6. Antar jemput dari RS ke hotel dengan bus Transjakarta
  7. Layanan Customer Care 24 jam
  8. Konseling dengan psikolog dan fasilitas olahraga

Sementara itu, Direktur Utama JAKTOUR Novita Dewi menjelaskan, para tenaga medis terkait diminta memenuhi beberapa persyaratan yaitu dengan mendapatkan surat pengantar dari rumah sakit dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (DKI Jakarta).

[Baca Juga: Rapid Test Diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan di Jakarta]

"Kita akan melakukan tes Covid juga untuk karyawan hotel, memastikan siapa pun yang akan masuk di dalam tidak positif. Prosedur dilakukan, dari pintu masuk sampai dia keluar baik untuk tenaga medis akan ada chamber desinfektan dan satu lagi chamber untuk umum, kita buat dua chamber. Kemudian di kamar setiap hari begitu mereka check out untuk berangkat lagi ke rumah sakit kamar kita bersihkan dan selalu semua kita semprot desinfektan," jelasnya.

Pada tahap selanjutnya, para tenaga medis akan menginap di Hotel d’Arcici Alhijra Hotel Cempaka Putih, d’Arcici Hotel Sunter, dan d’Arcici Hotel Plumpang.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.