Tengkorak Hewan di Merjosari Diduga Kepala Harimau Jawa

Berita Kawasan

Tengkorak Hewan di Merjosari Diduga Kepala Harimau Jawa

Penemuan tengkorak kepala yang diduga tengkorak kepala hewan karnivora yang sudah punah yakni harimau Jawa di Sungai Metro (Kali Metro) Merjosari Kota Malang menarik perhatian banyak pihak. Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Timur pun langsung meninjau ke lokasi penemuan pada Senin, 7 September 2020.

Penemuan kerangka itu pertama kali ditemukan Lulut Edi Santoso, seorang guru saat melakukan pencarian artefak benda-benda bersejarah di aliran Sungai Metro pada Jumat, 4 September 2020. Penemuan ini menjadi awal yang baik untuk membuka keberadaan harimau Jawa yang diduga sudah punah pernah ada di Kota Malang.

Tengkorak Hewan di Merjosari Diduga Kepala Harimau Jawa

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Bidang KSDA Wilayah III BBKSDA Jawa Timur Mamat Ruhimat menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas penemuan kerangka hewan yang dilindungi ini. “Kami datang ke sini ingin menggali informasi bagaimana awal penemuan kerangka hewan yang kami duga sejenis kucing hutan, kucing besar, bisa macan tutul atau harimau. Bisa jadi juga yang ditemukan ini adalah harimau Jawa yang sudah dinyatakan punah,” ungkap Mamat seperti diberitakan malangkota.go.id (10/9/2020).

[Baca Juga: Anak Harimau Baru Covi dan Vivid Sambut Pengunjung di Pembukaan Kembali Semarang Zoo]

Dari observasi fisik kerangka, Mamat mengatakan memang ada dugaan kuat bahwa itu mengarah ke harimau Jawa. Pasalnya kerangka kepala tersebut memiliki dimensi yang cukup besar. “Kami ukur kerangka itu memiliki tinggi bagian belakang 13 sentimeter, lebar bagian depan 8 sentimeter. Kemudian lebar bagian belakang kerangka mencapai 21 sentimeter dengan berat 8 ons,” ujar Mamat.

Dari data awal itu, Mamat mengatakan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang dalam hal ini akan dilakukan penelitian di laboratorium oleh peneliti dari LIPI. Dari penelitian itu nantinya baru bisa dipastikan jenis tengkorak kepala harimau yang ditemukan di Kota Malang termasuk jenis apa, usianya berapa dan hidup di tahun berapa.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Larisa 2 months, 2 weeks lalu
    larisa

    Hallo guyss masih semangat dengan keadaan yang sekarang di masa New Normal Kita memberikan hiburan sekaligus pendapatan yang menggiurkan untuk isi dompet anda Bergabung bersama kami di <a href="https://dupa88.co/slots/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a> Bukan situs kaleng-kaleng, berapapun anda menang pasti kami bayar jangan ragu lagi buruan daftarkan diri anda sekarang juga yaaa !!!!!!!