Tengok Patuhnya Warga Bekasi Saat Salat Id di Zona Hijau

Berita Kawasan

Tengok Patuhnya Warga Bekasi Saat Salat Id di Zona Hijau

Surat keputusan bersama tentang Penyelenggaraan Salat Idulfitri 1441 Hijriyah saat Pandemi COVID-19 yang diterbitkan beberapa waktu, dipergunakan sebagaimana mestinya oleh warga Bekasi. Berdasarkan surat yang ditandatangani Wali Kota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507/ Bekasi, Majelis Ulama Indonesia Kota Bekasi dan Dewan Masjid Indonesia Kota Bekasi, sejumlah masjid yang berada di dalam wilayah zona hijau diizinkan untuk melaksanakan Salat Id berjamaah di wilayahnya masing-masing.

Dilansir bekasikota.go.id, warga menjalankan kebijaksanaan bersama tersebut dengan penuh amanah. Seperti yang terjadi di RT. 03/RW. 01 Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Pada Minggu (24/5/2020), puluhan warga yang berada RT 03 RW 01 Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang melakukan Salat Id di Masjid Jami Baetal Makmur dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Tengok Patuhnya Warga Bekasi Saat Salat Id di Zona Hijau

Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) serta Lurah Sumur Batu turut hadir di gelaran Salat Id berjamaah yang pada pukul 06.30 WIB ini. Tepat pukul pukul 07.45 WIB salat berakhir. Persiapan salat, panitia pelaksanaan telah menyediakan sabun dan air dalam tandon kecil untuk warga mencuci tangan dan menyediakan bilik kecil untuk penyemprotan disinfektan ketika akan masuk masjid. Tak lupa juga, menggarisi jalan sebagai pedoman menjaga jarak dalam shaf salat.

[Baca Juga: Begini Tata Cara Dapatkan Surat Izin Bepergian Saat PSBB Kota Bekasi]

Sehari sebelumnya, masjid telah disemprot disinfektan, mulai sepanjang jalan arah masjid hingga dalam masjid. Bahkan beberapa hari sebelumnya juga Ketua RT 03/RW 11 Kelurahan Sumur Batu sudah mengumumkan pada warga bahwa pengurus dan panitia Salat Id telah membuat protokol kesehatan dalam pelaksanaan sholat berdasarkan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Bersamaan itu juga turut diimbau kepada jamaah usai Salat Id, untuk tidak bersalaman atau bersentuhan, dan juga tidak berkerumunan ataupun berbincang bincang. Warga disarankan untuk langsung pulang kerumah masing-masing.

Pengawasan Pemkot

Petugas gabungan yang ditugaskan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi ketat memantau dan terus mensosialisasikan melakukan imbauan kepada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, sebelum, sesudah dan saat menggelar ibadah Salat Id berjamaah.

"Tetap menjalankan protokol kesehatan, dan mengikuti imbauan Pemkot. Masjid kami semprot cairan disinfektan, warga kami imbau untuk gunakan masker, dan menjaga jarak. Setelah sholat panitia mengimbau warga untuk tetap dirumah," ujar Ketua Panitia Pelaksanaan Salat Id, Prasetyo.

Tengok Patuhnya Warga Bekasi Saat Salat Id di Zona Hijau

Ketua Tim Wilayah 1 Percepatan Penanganan COVID-19 Hanan menjamin, seluruh warga sebelum memasuki masjid telah diperiksa suhu tubuhnya. Kemudian diarahkan langsung oleh panitia untuk menjaga jarak. Usai salat, panitia langsung menyerukan kepada warga yang hadir untuk tetap dirumah. "Petugas terus memantau dan melakukan imbauan kepada warga. Saat H-1 para petugas datangi masjid-masjid dan memberikan sosialisasi tentang pencegahan sesuai protokol kesehatan," jelas Hanan.

[Baca Juga: Halalbihalal Dilarang, Salat Id Berjamaah Diizinkan Pemkot Bekasi]

Sementara itu, di Wilayah III seluruh Aparatur Pemerintah Kota Bekasi Bersama Tiga Pilar saat jelang ibadah salat, senantiasa gencar mensosialisasikan imbauan berkenaan protokol kesehatan yang harus ditaati warga. Selain itu, diungkap Ketua Tim Wilayah III Percepatan Penanganan COVID-19, Dwi Andaryani, tim ini juga bertugas mengawasi pelaksanaan Salat Id di wilayah Kecamatan Pondok Gede, Pondok Melati, Jatisampurna dan Jatiasih.

Dia juga menuturkan, sebelum salat dimulai seluruh jamaah yang hadir dipastikan adalah warga setempat bukan dari wilayah lain. Dibuktikan dengan kepemilikan KTP sesuai domsili. “Hal ini kami lakukan dalam rangkaian pengecekan persiapan tempat tempat ibadah yang nantinya akan dijadikan untuk pelaksanaan Salat Idulfitri, Kebersihan dan Ketertiban sangat perlu diperhatikan terutama unsur Protokol Kesehatan dengan selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak,” jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.