Terapkan Kebijakan Zona di Car Free Day Jakarta, PKL Ditertibkan

Berita Kawasan

Terapkan Kebijakan Zona di Car Free Day Jakarta, PKL Ditertibkan

Salah satu pemandangan yang kerap terlihat di kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day Jakarta di sepanjang jalan Bundaran Hotel Indonesia (HI) adalah keberadaan para pedagang kaki lima (PKL). Seiring berjalannya waktu, hal ini dipandang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah semakin berlawanan dengan tujuan utama digelarnya car free day di Bundaran HI. Demi mengembalikan tujuan itu, Pemprov DKI pun menerapkan kebijakan baru dan melakukan penertiban para PKL pada 3 November 2019.

Kebijakan baru ini diterapkan dengan membagi area car free day di Bundaran HI jadi sejumlah zona. Sehingga bila ada PKL yang berjualan di area zona yang memang dilarang berjualan maka mereka akan langsung ditertibkan oleh petugas. Proses penertiban ini langsung diawasi oleh Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dengan jajarannya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat.

Terapkan Kebijakan Zona di Car Free Day Jakarta, PKL Ditertibkan

“Dari hasil rapat di provinsi, Pedagang Kaki Lima hanya boleh berdagang di lokasi yang telah ditentukan, Di mana di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day di sepanjang Thamrin-Sudirman dibagi dalam tiga zona, yaitu kawasan zona hijau, zona kuning, dan zona merah,” ungkap Bayu, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (4/11/2019).

Wali Kota Jakarta Pusat itu pun memaparkan makna di balik warna zona-zona tersebut sekaligus di mana lokasinya. Untuk zona hijau yang berlokasi di Jalan Karet Pasar Baru Timur III, Jalan Galunggung, Jalan Blora, Jalan Sumenep, Jalan Kebon Kacang, dan Jalan Sunda Kelapa, para PKL diizinkan untuk membuka lapak serta menjajakan dagangannya.

[Baca Juga: Pasca-Penertiban PKL, Penghijauan di Jalan Semeru Bogor Dimulai]

Bayu melanjutkan, PKL boleh berjualan di zona kuning dengan catatan hanya menggunakan trotoar bukan di area jalannya dalam membuka lapaknya. Zona kuning sendiri berada di Wisma BNI 46 sampai Patung Pemuda, lalu di Jalan MH Thamrin sampai Patung Arjuna- Wijaya.

Sedangkan untuk zona merah, para PKL dilarang untuk menjajakan dagangannya dan jika melanggar maka akan langsung ditertibkan. “Kawasan yang terlarang bagi pedagang di zona merah, yaitu di sepanjang Jalan Sudirman mulai dari Wisma BNI 46 hingga Bundaran HI, dan di Jalan MH Thamrin, mulai dari Bundaran HI hingga perempatan Sarinah,” tambah Wali Kota Jakarta Pusat itu.

[Baca Juga: Warga Jakarta Barat Nikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor]

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang turut hadir di car free day juga membenarkan mengenai penerapan zona-zona di kegiatan ini. Ia menyebut, kegiatan ini difokuskan untuk mengembalikan fungsi dari car free day Jakarta itu sendiri. “Karena itu, kita sekarang siapkan seluruh jalan raya, badan jalan, itu bebas dari kegiatan apapun kecuali berjalan kaki, berlari, berolahraga, atau bersepeda. Tapi tidak ada kegiatan-kegiatan yang lain untuk seluruh badan jalan,” imbuhnya, sebagaimana dilansir dari news.detik.com (3/11/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.