Terbuka untuk Umum Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat Diresmikan

Berita Kawasan

Terbuka untuk Umum! Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat Diresmikan

Sejak Desember 2019, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi memiliki visi untuk mengubah “wajah” dari taman yang berada di halaman Kantor Wali Kota. Setelah melewati proses yang panjang dengan melibatkan berbagai suku dinas terkait serta perusahaan swasta dan Bank DKI, visi ini pun terealisasi dengan kehadiran Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat. Di mana area terbuka hijau ini terbuka untuk umum yang bisa memanfaatkannya untuk bermain dengan buah hati sekaligus memberikan edukasi mereka mengenai tanaman.

Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat berdiri di area lahan seluas 3.125 m2 dengan konsep utamanya adalah sebagai lokasi pertanian perkotaan atau urban farming. Konsepnya sendiri disebut diadaptasi dari program percontohan bertajuk Balkot Farm yang berada di Gedung Balaikota DKI Jakarta. Namun Wali Kota Jakarta Barat ingin urban farming yang berada di area kantornya juga memiliki manfaat lain selain urban farming semata.

Terbuka untuk Umum Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat Diresmikan

“Awalnya tempat ini hanya taman dan penghijauan, hijaunya dapat, tamannya juga dapat. Kemudian ada ide bagaimana kalau taman ini kita lebih perluas lagi fungsinya, maka tercetuslah konsepnya Walkot Farm 4.0. Yang isinya ada di dalamnya di samping taman, kemudian ada arena bermain untuk anak-anak, (ruang) berinteraksi warga, kemudian ada juga pertanian, ada juga tanaman-tanaman obat, dan yang lain-lainnya,” ujar Rustam Effendi kepada awak media pada sela-sela persemian Walkot Farm 4.0 di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya No.2, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (13/3/2020).

[Baca Juga: Antisipasi Corona, Pemeriksaan Suhu di Kantor Wali Kota Jakarta Barat]

Menurutnya, proses pembuatan Wakot Farm 4.0 sendiri membutuhkan waktu sekitar empat bulan dan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD. Sehingga semua yang ada di Walkot Farm 4.0 didapatkan dari jajaran Pemerintah Jakarta Barat, khususnya berbagai suku dinas, dan perusahaan swasta seperti St. Morits Management, Lotte Shopping Indonesia, Mowilex Indonesia, Futanlux Paint Indonesia, serta berbagai elemen masyarakat.

Seperti yang dijelaskan orang nomor satu di wilayah Jakarta Barat tersebut, isi dari Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat terbilang lengkap dan terbuka untuk masyarakat. Dari mulai area bermain sampai berbagai tanaman untuk edukasi tersedia di sini. Sebagai gambarannya, berikut ini fasilitas yang ada di sana:

  1. Area pertanian (urban farming)
  2. Area bermain anak
  3. Rumah pohon,
  4. Saung kompos,
  5. Photoboth (selfie area),
  6. Stand yang menunjukkan ciri khas masing masing kecamatan di Jakarta Barat
  7. Ruang informasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai ikon Jakarta Barat
  8. CCTV untuk keamanan
  9. Sambungan jaringan internet Wi-Fi

Terbuka untuk Umum Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat Diresmikan

Adapun area pertanian terdiri dari tanaman-tanaman berikut:

  • Tanaman obat keluarga sebanyak 33 jenis, sebanyak 2.383 pot,
  • Tanaman sayuran 11 jenis,sebanyak 861 tanaman
  • Tanaman hias 20 pot
  • Tanaman bonsai 12 pot
  • Tanaman buah dalam pot 6 jenis, sebanyak 48 buah,
  • Sayuran rak besi 6 buah, dengan dilengkapi 72 pot (seledri dan terong)
  • Rak vertikultural sebanyak 16 buah
  • Pohon Pelindung 6 pohon

[Baca Juga: Istri Wali Kota Jakarta Barat Prihatin dengan Pembuangan Popok Bekas]

Menariknya, setiap tanaman yang ada di Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat memiliki QR code yang bisa dipindai. Karena sesuai dengan keinginan Rustam Effendi, ia juga ingin berbagai tanaman yang ada di sini dapat menjadi bahan edukasi. Jadi dengan memindainya menggunakan ponsel pintar, maka pengunjung bisa melihat berbagai informasi mengenai tanaman yang tersedia di sini, termasuk nama latin serta manfaatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 10 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88,net <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Emma 2 years, 10 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165.co mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165,co yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga.