Terdampak COVID-19, Begini Kondisi Pusat Perbelanjaan di Jabodetabek

Bisnis

Terdampak COVID-19, Begini Kondisi Pusat Perbelanjaan di Jabodetabek

Pemerintah Kota Tangerang memperbarui jumlah penderita COVID-19 pada Senin (30/3/2020) pukul 18.40 WIB, warga Kota Tangerang yang terkonfirmasi positif virus Corona berjumlah 19 orang. Selain itu, pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 100 pasien dan orang dalam pemantauan (ODP) 517 orang. Sementara pasien meninggal 4 orang dan sembuh 1 orang.

Sementara data penderita pada Minggu (29/3/2020) pukul 18.40 WIB menyebutkan, sebanyak 463 ODP, 98 PDP, 19 positif, 4 orang meninggal, dan 1 sembuh. Artinya terjadi penambahan sebanyak 2 PDP dan 54 ODP.

Kondisi ini mulai berdampak ke sektor bisnis. Sejumlah pusat perbelanjaan mulai mengendurkan aktivitasnya bahkan ada yang menghentikan aktivitas. Summarecon Mall Serpong (SMS), satu lagi pusat perbelanjaan ternama di kawasan Tangerang, menutup operasionalnya selama pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Kala Social Distancing Ini Hal yang Harus Dilakukan]

Managemen Tangcity Mall mengumumkan, bila mal yang berada di jantung Kota Tangerang itu akan tutup sementara per 29 Maret hingga 29 Mei mendatang. Direktur Tangcity Mall Norman Eka Saputra mengatakan, semua unsur di Tangcity Mall dalam keadaan sehat dan patuh terhadap peraturan pemerintah “Dengan mematuhi imbauan pemerintah soal social distancing ini, mudah-mudahan rantai penyebaran virus dapat terputus lebih cepat," kata Norman, Sabtu (28/3/2020).

Di lokasi lainnya, berdasarkan penelusura PingPoint Senin (30/3/2020) sore, Ciledug Plaza atau Ciplaz, adalah salah satu pusat perbelanjaan yang masih beraktivitas, hanya saja jam operasionalnya dibatasi tidak beroperasi seperti biasanya.

Terdampak COVID-19, Begini Kondisi Pusat Perbelanjaan di Jabodetabek

Pada praktiknya, jam operasional yang semula ditentukan berlaku pada pukul 11:00-19:00 WIB, berlangsung mundur. Padahal pengumuman mengenai jam operasional sudah dipajang di depan pintu parkir. Terlihat tiga kendaraan roda dua terparkir di depan menunggu pintu masuk dibuka.

Saat memasuki jam 12:00 WIB petugas baru membuka pintu parkir, tiga kendaraan roda dua yang sudah menunggu di depan bergegas memasuki kawasan pusat perbelanjaan. Memasuki ke dalam gedung, terlihat tidak semua area dipenuhi rak atau tenant, selain gerai pakaian dan kebutuhan rumah tangga tidak ada tenant lain yang buka kecuali gerai makanan, restoran ayam cepat saji salah satunya.

[Baca Juga: Tak Lagi Social Distancing, Kini WHO Menyebutnya Physical Distancing]

Terlihat para pegawai tidak begitu sibuk bahkan terlihat satu dua kelompok kecil para pegawai di sudut-sudut rak, asik mengobrol menghabiskan waktu tanpa mengenakan masker atau alat pelindung lain. Di sisi lain tingkat kesadaran pengunjung lebih tinggi ketimbang pegawai.

Suasana gedung terasa lebih pengap, karena memang hanya di lantai pertama saja yang dihidupkan pendingin ruangan. Sedangkan lantai dua tidak dinyalakan, dan penerangannya terlihat lebih redup ketimbang lantai dibawahnya.

Terdampak COVID-19, Begini Kondisi Pusat Perbelanjaan di Jabodetabek

Hera (41) mengaku sangat terpaksa keluar rumah karena harus berbelanja kebutuhan rumah. Dia mengaku, menjadi sering berbelanja kebutuhan rumah lantaran diberlakukannya kebijakan untuk beraktivitas di rumah, termasuk belajar dan bekerja di rumah. “Suami dan anak kan belajar dan kerja dari rumah, jadi kebutuhan stok makannya bertambah,” ujar wanita bermasker dan bersarung tangan plastik itu.

Sejauh mata memandang, PingPoint menemukan fakta bahwa sejumlah produk makanan mulai menipisnya beberapa stok kebutuhan. Diantaranya, tepung dan gula. Berimbas juga pada stok bahan lainnya, seperti cairan pembersih dan detergen yang setiap pelanggan hanya boleh membeli dua buah saja.

Terdampak COVID-19, Begini Kondisi Pusat Perbelanjaan di Jabodetabek

Sementara itu, sejumlah mal di Jakarta dan kota sekitarnya juga tutup sementara waktu imbas menyebarnya virus SARS-CoV-2. Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mencatat, per Kamis (26/3/2020), ada sejumlah mal di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok yang sudah tutup sementara. "Info terus di-update. Ini update kemarin," ujar Budi sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Menurutnya, meski operasional mal tutup, masih ada beberapa kios yang tetap buka seperti supermarket dan toko obat-obatan. Jenis usaha yang masih buka di tiap mal berbeda-beda. Hippindo saat ini sedang bernegosiasi dengan pengelola mal yang masih beroperasi untuk menutup sebagian kios-kios di mal tersebut. "Ada mal yang enggak boleh tutup. Jadi masih nego untuk tutup sebagian karena keselamatan karyawan, memutus mata rantai Covid, dan juga penurunan traffic ke mal. Hippindo menyarankan sementara yang buka hanya supermarket, toko obat, ATM, money changer," kata Budi.

[Baca Juga: Physical Distancing Perlu Libatkan Tokoh Masyarakat dan RT/RW]

Berikut deretan mal yang tutup dan akan tutup sementara imbas adanya wabah COVID-19, berdasarkan data yang dihimpun PingPoint dari berbagai narasumber.

Jakarta:

  1. Plaza Indonesia: 25 Maret - 3 April
  2. Mal Kelapa Gading: 25 Maret - 5 April
  3. Mal Taman Anggrek: 25 Maret - 5 April
  4. PIK Avenue: 26 Maret - 8 April
  5. Mall of Indonesia: 28 Maret - 8 April
  6. FX: 28 Maret - 10 April
  7. Lippo Mall Puri: 23 Maret - 5 April
  8. Senayan City: 23 Maret - 5 April
  9. Elysee Mall SCBD: 26 Maret - 6 April
  10. Kota Kasablanka: 29 Maret - 7 April

Bekasi:

  1. Summarecon Mall Bekasi: 25 Maret - 5 April
  2. Mega Mall Bekasi : 25 Maret - 8 April
  3. Metropolitan Mal: 27 Maret - 7 April
  4. Grand Metropolitan: 27 Maret - 7 April

Depok:

  1. Depok Town Square: 27 Maret - 9 April
  2. Trans Studio Mall Cibubur: 27 Maret - hingga waktu yang belum ditentukan

Bogor:

  1. Mal Botani Square: 26 Maret - 7 April
  2. Metropolitan Mall Cileungsi: 27 Maret - 7 April

Pemerintah terus mendorong agar masyarakat tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak. Warga diminta bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Ayo Pointers, kita galakkan gerakan #dirumahaja!


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.