Terdampak COVID-19, Pengusaha Minta Uluran Tangan Pemerintah

Bisnis

Terdampak COVID-19, Pengusaha Minta Uluran Tangan Pemerintah

Pandemi COVID-19 berdampak luas. Bukan hanya dari segi kesehatan, namun juga sektor bisnis baik di level daerah maupun level nasional. Kondisi ini cukup bikin kalangan pengusaha kelimpungan dan berharap mendapatkan sedikit uluran tangan dari pemerintah.

Di Jakarta, para pengusaha mengadakan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kesempatan bertemu ini dimanfaatkan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) agar dapat diberikan keringanan pajak daerah. Harapannya keringanan pajak itu bisa meredam dampak negatif yang dialami pelaku usaha.

Terdampak COVID-19, Pengusaha Minta Uluran Tangan Pemerintah

"Tadi ada dari PHRI, mengusulkan PB1 (pajak pembangunan) untuk di restoran dan hotel agar tidak perlu disetor. Itu usulan mereka," ujar Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi, seperti diberitakan detik.com (17/3/2020).

Kendati begitu, usulan tersebut baru sebatas diterima oleh Pemprov DKI Jakarta. Anies, sambung Diana, mengambil keputusan terkait usulan tersebut, "Pengusaha meminta keringanan pajak PB1. Itu kan yang kalau kita makan kan pasti ada tax-nya (pajaknya, red.) ya, itu kan untuk pemerintah daerah, yang besarnya 10 persen itu. Untuk yang PB1 ya, pajak pendapatan daerah ya belum diputuskan (oleh Anies)."

[Baca Juga: Ini Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Indonesia]

Sementara itu, usulan yang senada juga turut disuarakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Properti ke pemerintah pusat. Besar harapan pemerintah mau memberikan relaksasi pajak. Ketua Komisi Tetap Infrastruktur dan Lingkungan Kadin Bidang Properti Agus Jayadi Alwie, sebagaimana diberitakan bisnis.com, menyatakan usulan tersebut disampaikan dalam rangka mengantisipasi dampak lanjutan dari wabah COVID-19.

Dia menambahkan, harus diakui bahwa kehadiran pandemi tersebut di tanah air memberi dampak signifikan ke seluruh sendi kehidupan, dan mengancam segala sektor bisnis termasuk sektor properti. "Saya rasa dampak Virus Corona ini ke semua sektor, jadi harus dilihat dulu secara komprehensif supaya kebijakan yang diambil tepat sasaran," ujarnya, Selasa (17/3/2020).

[Baca Juga: Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata]

Agus menuturkan, relaksasi pajak yang berkaitan langsung dengan industri properti akan terasa lebih membantu jika dilanjutkan dengan kebijakan penangguhan kewajiban pembayaran utang dan bunga bagi pengembang ke perbankan.

Sementara untuk konsumen, Agus menyarankan agar ada kemudahan dalam pemberian akses keuangan untuk sektor properti sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga. Semua usulan itu bisa dilakukan sementara oleh pemerintah. “Kemungkinan besar akan segera disampaikan oleh Kadin Bidang Properti ke pemerintah mengingat kondisi pasar saat ini semakin tertekan,” tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.