Terdapat Makna di Balik Warna Lightsaber di Star Wars

Berita Kawasan

Terdapat Makna di Balik Warna Lightsaber di Star Wars

Bagi Anda penggemar film Star Wars pasti mengetahui bagaimana senjata lightsaber menjadi bagian terpenting dari setiap film, video games, hingga komik dari dunia yang diciptakan George Lucas ini. Di mana pada dasarnya pedang laser ini terdiri dari bilah plasma murni yang dipancarkan dari gagangnya dan menggunakan kristal kyber sebagai sumber energinya. Namun pasti Anda menyadari bahwa senjata khas ksatria Jedi dan Sith ini memiliki warna yang beragam. Menariknya, warna ini ternyata memiliki maknanya masing-masing.

Warna Biru

Ini merupakan salah satu warna lightsaber yang terbilang populer. Pasalnya, lighsaber dengan cahaya laser berwarna biru merupakan pedang ini pertama kali muncul di Star Wars A New Hope yang notabene merupakan film perdana dari Star Wars.

Sebagaimana dilansir dari screenrant.com (23/12/2019) lightsaber berwarna biru menggambarkan kebenaran serta keberanian yang menjadi kunci jalan hidup Jedi. Warna ini juga identik digunakan oleh para Jedi Guardian seperti Obi Wan Kenobi dan Anakin Skywalker.

Terdapat Makna di Balik Warna Lightsaber di Star Wars

Warna Hijau

Lighsaber ini juga merupakan salah satu warna yang cukup banyak terlihat digunakan oleh para anggota Jedi di dunia Star Wars. Pengguna lightsaber berwarna hijau disebut terdiri dari orang-orang yang mencintai kerukunan, harmoni, kooperatif, menyanjung spiritual, dan memiliki niat yang baik. Sehingga tak heran bila lightsaber warna ini digunakan oleh Jedi Consular.

Mayoritas pengguna lightsaber berwarna hijau adalah orang-orang yang memiliki jabatan senior di Jedi. Contoh yang karakter yang paling populer menggunakannya adalah Yoda serta Qui-Gon Jinn. Pada Return of the Jedi (1983), Luke Skywalker terlihat untuk pertama kalinya menggunakan lightsaber ini.

[Baca Juga: Star Wars: The Rise of Skywalker, Akhir Pertarungan Rey dan Kylo Ren]

Warna Merah

Warna lightsaber ini menjadi salah satu yang mencolok karena dikenal digunakan oleh para tokoh antagonis di dunia Star Wars. Warna merah memang menjadi representasi dari kelompok Sith mengingat cara membuatnya terbilang sangat melibatkan elemen Dark Side of The Force.

Biasanya untuk membuat lightsaber ini, anggota Sith mencuri kristal kyber milik orang lain dan menjadikannya milik mereka. Dalam proses pembuatan ini, mereka mengeluarkan semua emosi negatif terhadap kristal tersebut dan memicu efek layaknya berdarah sehingga membuat lighsabernya berubah menjadi warna merah. Dari mulai Darth Maul, Count Dooku, hingga Kylo Ren menggunakan lightsaber ini.

Terdapat Makna di Balik Warna Lightsaber di Star Wars

Warna Ungu

Ini merupakan salah satu lightsaber yang sangat unik untuk seorang Jedi. Pasalnya, sejauh ini lighsaber ungu terlihat hanya digunakan oleh Mace Windu yang diperankan Samuel L. Jackson. Warna ini disebut digunakan atas permintaan Jackson untuk lightsabernya karena ungu merupakan warna favoritnya.

Namun dengan semakin berkembangnya dunia Star Wars, lightsaber ungu pun disisipi filosofi yang sesuai dengan karakter Mace Windu. Di mana ini merupakan warna gabungan merah dan biru yang disebut memicu moral yang ambigu karena penggunanya memiliki kemampuan untuk tetap berada di Light dan Dark Side of the Force.

[Baca Juga: Ini Inspirasi Helm Kylo Ren di Star Wars: The Rise of Skywalker]

Warna Kuning

Untuk lightsaber berwarna kuning biasanya digunakan oleh penjaga kuil Jedi serta Jedi Sentinel. Lightsaber untuk warna kuning disebut memperlihatkan kemampuan penggunanya yang mampu menggabungkan Force dengan pengetahuan serta kekuatan. Lightsaber yang satu ini paling populer muncul di akhir Star Wars The Rise of Skywalker ketika Rey terlihat telah mengubah tongkat yang ia gunakan menjadi lightsaber berwarna kuning.

Itulah sejumlah warna yang populer pada lightsaber yang muncul pada film kanon di Star Wars. Sebenarnya masih ada warna lainnya seperti jingga, putih, dan hitam. Namun ketiga warna ini mayoritas muncul di serial animasi, video games, dan komiknya tetapi tidak muncul di sembilan film Star Wars yang utama.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 9 months lalu
    kelly

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan SPESIAL KADO X’MAS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (DUPA88,Net) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘