Terima 100.000 Alat Rapid Test, Pemprov DKI Prioritaskan Warga Khusus

Berita Kawasan

Terima 100.000 Alat Rapid Test, Pemprov DKI Prioritaskan Warga Khusus

Dalam rangka penanganan Virus Corona SARS-Cov-2 di Ibu Kota, baru-baru ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapatkan bantuan berupa 100 ribu alat rapid test (pemeriksaan cepat) dan 50.000 masker dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Ribuan bantuan yang disalurkan lewat Gugus Tugas Nasional penanganan Virus Corona ini telah tiba di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin, 23 Maret 2020 malam. Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan mengatakan, nantinya alat rapid test tersebut bakal diprioritaskan bagi orang-orang yang berisiko menularkan COVID-19. Hal itu agar bantuan tersebut bisa menjadi lebih efektif dibanding harus melakukan pengetesan massal di kawasan terbuka.

[Baca Juga: Tes COVID-19: PCR VS Antibodi, Apa Bedanya?]

"Pada fase ini kita perlu mengetes mereka yang berisiko menularkan terlebih dahulu. Mari kita semua menaati kriteria dan prosedur itu demi kebaikan kita semua di Jakarta,"

Nantinya, penentuan mereka yang berisiko menularkan dan mereka yang tidak berisiko menularkan COVID-19 akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan DKI. Dinas Kesehatan DKI pun kata Anies, telah memiliki prosedur dan kriteria orang-orang yang diprioritaskan untuk memeriksakan diri.

Terima 100.000 Alat Rapid Test, Pemprov DKI Prioritaskan Warga Khusus

Sebelumnya, Anies juga telah menerima 40 ribu pakaian Disposable Protective Coverall yang merupakan salah satu kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Puluhan ribu APD ini langsung dibagikan Anies ke sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Jakarta.

Terima 100.000 Alat Rapid Test, Pemprov DKI Prioritaskan Warga Khusus

Lalu pada akhir pekan lalu, Pemprov DKI Jakarta juga mendapatkan jatah sebanyak 520 alat rapid test dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan telah digunakan kepada 520 orang di wilayah Jakarta Selatan yang diduga melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19.

[Baca Juga: Rapid Tes Massal Corona di Bekasi Batal, Diganti Door to Door]

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan bahwa pemeriksaan dengan menggunakan metode rapid test ini dilakukan untuk mempercepat pencarian kasus positif COVID-19 di tengah masyarakat.

Sementara itu, dilansir dari laman corona.jakarta.go.id sampai dengan Selasa, 24 Maret 2020 pagi, jumlah kasus positif COVID-19 di Ibu Kota secara kumulatif mencapai 356 orang. Dari total tersebut, 31 orang meninggal dunia, 22 orang dinyatakan sembuh, dan 218 orang dalam perawatan.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.