Ternak Lele dan Tanaman Hidroponik di RPTRA Kelurahan Meruya

Berita Kawasan

Ternak Lele dan Tanaman Hidroponik di RPTRA Kelurahan Meruya

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Smart yang berada di Jalan Mawar Putih, Kelurahan Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat memiliki lahan urban farming dengan sistem hidroponik. Tanaman tersebut ditanami warga dengan berbagai jenis tanaman organik. Selain itu dilakukan kegiatan ternak lele. Kedua kegiatan tersebut menjadi program unggulan RPTRA Smart Kelurahan Meruya Utara.

Dalam berternak dan berkebun tersebut dapat meningkatkan perekonomian, kegiatan ini juga menjadi sarana edukasi buat masyarakat. Budidaya ikan lele serta berkebun ini sudah lama dilakukan pengelola RPTRA Smart yang diketuai Tuti Sutirah. Bersama 6 anggota lainnya, Tuti berjibaku menggalakkan berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman sayuran hidroponik, Tanaman Obat keluarga (TOGA) hingga budidaya ikan lele.

Ternak Lele dan Tanaman Hidroponik di RPTRA Kelurahan Meruya

Selain menjalankan program tersebut, Tuti dan anggotanya juga melayani para pengunjung, untuk berinteraksi. Ia juga memberikan edukasi terkait fungsi dan tugasnya di RPTRA. "Kami bersyukur dan senang budidaya hidroponik, berkebun dan ikan lele mendapat respon dari warga sekitar. Mereka makin senang karena bisa ikut mengonsumsinya," katanya.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Melansir laman barat.jakarta.go.id (25/11/2019). Tuti menjelaskan perolehan bibit ikan lele dan bibit sayuran seperti sawi, terong ungu dan terong bulat, seledri, cabe rawit, dan lainnya dipasok dari Sudin KPKP Jakbar pada 2017. Ada juga tanaman buah seperti mangga, jambu air, pisang, tomat, dan jambu mete. Untuk jambu mete, beberapa hari lalu telah panen seberat dua kilogram.

Panen tanaman lain yang tak kalah serunya adalah panen jahe merah hingga mencapai 20 kg dan diklaim terbanyak se-DKI Jakarta. Sebagian hasil panen jahe tersebut dijual kembali ke program CSR perusahaan yang menyediakan bibitnya.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Bekasi Harap Hidroponik Tingkatkan Ekonomi Warga]

Tuti menambahkan RPTRA Smart dibangun pada 2015 oleh pihak swasta di atas lahan 5.500 meter persegi. Berbagai fasilitas tersedia untuk melayani masyarakat antara lain ruang aula, perpustakaan, lapangan futsal hingga ampi theater.

Sehari-harinya sekitar 100 pengunjung datang ke area terbuka ini. Jumlah pengunjung membengkak manakala ada event tertentu yang diadakan oleh swasta, masyarakat maupun pemerintah. Pengunjung pastinya dari warga sekitar dan siswa SMPN 215.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    ternyata di dupa88 ,kita main game sambil santai bisa kaya juga yaaa..... gak kepingin apa kalian ini??