Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

Kesehatan

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

Kebanyakan orang tidak sadar jika postur tubuhnya bungkuk ketika sedang dalam posisi berdiri. Tentu saja, bungkuk dapat mengurangi penampilan seseorang. Bungkuk atau dalam istilah medisnya bernama Kyphosis ini jika dibiarkan bisa berakibat fatal bagi para penderitanya. Hal itu dikarenakan punggung yang bungkuk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga menyebabkan rasa sakit dan bahkan kesulitan bernafas akibat paru-paru yang tertekan ke bawah.

[Baca Juga: 5 Cara Mencegah Badan Bungkuk, Patut Dicoba!]

Jika sering merasakan gejala nyeri pada punggung, bisa jadi itu tanda bahwa punggung Anda mengalami masalah. Nah, kalau sudah seperti itu ada baiknya Anda melakukan pengobatan. Selain itu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan yang bisa membuat bungkuk di punggung semakin parah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk Menggunakan Ponsel

1) Menggunakan Ponsel

Sebenarnya, tidak ada salahnya menggunakan ponsel, sekalipun digunakan sampai berjam-jam lamanya. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah cara posisi ketika memegang ponsel. Kebanyakan dari kita ketika menggunakan ponsel, leher sering condong ke depan. Hal itu yang menyebabkan otot leher menjadi tegang dan dapat menyebabkan rasa sakit di leher, bahu dan punggung atas. Lama-kelamaan dapat membuat postur tubuh Anda lebih membungkuk.

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk Mengenakan Sepatu Hak Tinggi

2) Mengenakan Sepatu Hak Tinggi

Bagi wanita, cobalah untuk tidak sering menggunkan sepatu berhak tinggi. Sebab. mengenakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat memengaruhi postur dan gaya berjalan. Itu dikarenakan adanya pemendekan struktur kaki dan pergelangan kaki. Semakin tinggi hak yang digunakan, maka semakin tinggi pula risiko Anda mengalami penbungkukan. Sebab, saat menggunakan hak tinggi tubuh bagian bawah condong ke depan untuk mempertahankan pusat keseimbangan. Akibatnya, pelurusan tubuh rusak dan mengakibatkan postur kaku dan tidak alami.

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk Duduk Terlalu Lama

3) Duduk Terlalu Lama

Bagi Anda pekerja kantoran yang harus berlama-lama duduk di depan komputer, cobalah untuk sesekali melakukan peregangan salah satunya dengan berjalan-jalan sebentar. Karena terlalu lama duduk di dapat menyebabkan punggung Anda bermasalah. Itu disebabkan karena tertekannya otot punggung, leher, dan tulang belakang ketika kita terlalu lama duduk membungkuk menghadap komputer.

[Baca Juga: Hati-Hati! Tas Punggung Berat Dapat Picu Gangguan Kesehatan Anak]

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk Membawa Tas dengan Beban Berat

4) Membawa Tas dengan Beban Berat

Seperti yang kita tahu, orang yang membawa tas atau ransel yang berat cenderung membungkukan badannya. Jika sering seperti itu, lama-kelamaan bahu membulat dan punggung atas menjadi melengkung. Nah, untuk mengurangi terjadinya hal seperti itu, maka mulai dari sekarang batasi diri Anda dengan tidak mengurangi benda berat di tas Anda.

Agar postur tubuh Anda tetap baik dan mengurangi keluhan kesehatan yang muncul, hindari empat kebiasaan di atas. Selain itu, olahraga seperti yoga atau pilates dapat membantu Anda memperbaiki postur.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.